Penerapan problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2005/ 2006.


Gathot Sumarsono , 4201401007 (2006) Penerapan problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2005/ 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2005/ 2006.]
Preview
PDF (Penerapan problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2005/ 2006.) - Published Version
Download (638kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fisika seharusnya dapat mengembangkan kecakapan dalam memecahkan masalah, sesuai dengan misi dan visi pelajaran Fisika dalam kurikulum 2004 yaitu membentuk siswa yang peka, tanggap dan berperan aktif dalam menggunakan Fisika untuk memecahkan problem di lingkungannya. Harapan di dalam misi dan visi tersebut belum dilaksanakan sepenuhnya di kelas X SMA N 1 Batang tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini secara umum berdampak pada pemahaman konsep dan pencapaian hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus melalui penerapan Problem Based Instruction. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA N 1 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklusnya meliputi 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotorik). Data hasil belajar kognitif diambil dari nilai tes setiap akhir siklus. Data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Dari hasil penelitian, hasil belajar kognitif siswa sebelum tindakan (pretes) diperoleh nilai tes rerata 65,2 dengan ketuntasan klasikal 57,5%. Pada siklus I, nilai tes rerata 69,3 dengan ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II, nilai tes rerata 76,4 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Hasil belajar afektif pada siklus I, nilai rerata siswa 75,43 dengan ketuntasan belajar klasikal 95%. Pada siklus II, nilai rerata siswa 77,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I, nilai rerata 72,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Pada siklus II, nilai rerata 77,7 dengan ketuntasan belajar klasikal 77,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Problem Based Instruction pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang tahun pelajaran 2005/2006. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari kenaikan nilai rerata dan ketuntasan belajar klasikal dari satu siklus ke siklus berikutnya. Diharapkan dengan penerapan Problem Based Instruction dalam pembelajaran Fisika dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan pemecahan masalah melalui perlibatan dengan pengalaman nyata sehingga hasil belajar siswa bisa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Mar 2011 01:08
Last Modified: 25 Apr 2015 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item