PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROLLING BALL UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI KOTA SEMARANG


Chika Salsabilla Raisvany, 2303418044 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROLLING BALL UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2303418044 - Chika Salsabilla Raisvany.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media untuk pembelajaran bahasa Arab kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran tidak hanya membutuhkan buku yang sudah tersedia melainkan membutuhkan media untuk mempermudah penyampaian materi. Dengan permasalahan yang ada bahwa sebagian besar siswa diberbagai jenjang pendidikan khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan berbicara. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berupa media pembelajaran Rolling Ball untuk keterampilan berbicara, supaya siswa mudah dalam pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana analisis kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran Rolling Ball untuk keteraaampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI, 2) bagaimana prototipe pengembangan media pembelajaran Rolling Ball untuk keteraaampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI, 3) bagaiamana validasi ahli dan guru mengenai media pembelajaran Rolling Ball untuk keteraaampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV MI, 4) bagaimana saran perbaikan ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran Rolling Ball untuk keterampilan berbicara bahasa arab siswa kelas IV MI. Peneliti ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai lima tahap. Data penelitian ini diperoleh melalui nontes. Instrumen data nontes yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, dan angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media Rolling Ball. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pertama guru dan siswa menghendaki adanya media Rolling Ball dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab yang bertema ب ُّحِ ُ ْونِ ْي ِسيَا أ ْندُ ِ إ . Kedua prototipe media dengan beberapa komponen yang meliputi materi hiwar, kosakata, aturan permainan dan evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Ketiga penilaian ahli media, ahli materi, dan guru menunjukkan hasil kesesuaian yaitu aspek kelayakan media dengan nilai rata-rata (sangat layak). Pada aspek kelayakan isi/materi memiliki nilai rata-rata 87,8 (sangat layak). Pada aspek kelayakan penyajian memiliki nilai rata-rata 89,3 (sangat layak). Pada aspek kelayakan grafis memiliki nilai rata-rata 87,6 (sangat layak). Berdasarkan paparan tersebut, maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran Rolling Ball termasuk kategori sangat layak digunakan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara, Rolling Ball
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:33
Last Modified: 16 Apr 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55596

Actions (login required)

View Item View Item