ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DENGAN KURIKULUM 2013


Balqis Millenia, 1401417107 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417107 - balqis milly.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Analisis perlu dilakukan pada Buku Guru dan Buku Siswa agar dapat diketahui kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan rumusan tujuan pembelajaran yang tidak lengkap; guru belum melakukan analisis secara menyeluruh. Pertanyaan penelitian ini, apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi di dalam Buku Guru dan Buku Siswa tema “Udara Bersih bagi Kesehatan” dengan Kurikulum 2013?. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi di dalam Buku Guru dan Buku Siswa tema “Udara Bersih bagi Kesehatan” dengan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil penelitian. Sampel sumber data dalam penelitian ini mendayagunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V Tema Udara Bersih bagi Kesehatan secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V Tema Udara Bersih bagi Kesehatan secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun memerlukan beberapa perbaikan. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V Tema Udara Bersih bagi Kesehatan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Penulis memberikan saran yaitu sebelum menggunakan Buku Guru dan Buku Siswa dalam pembelajaran, guru sebaiknya melakukan analisis pada Buku Guru, penulis buku teks pelajaran untuk lebih cermat dan teliti dalam menyajikan materi di dalam Buku Guru dan Buku Siswa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat lebih teliti dalam menerbitkan buku teks pelajaran yang akan digunakan di sekolah khususnya Buku Guru dan Buku Siswa, dan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian mengenai analisis buku memerlukan ketelitian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian; Buku Guru SD Tema 2; Buku Siswa SD Tema 2; dan Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:28
Last Modified: 26 Jan 2023 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55595

Actions (login required)

View Item View Item