MUNAROH (MUFRODAT ANAK RAUDHOTUL ATHFAL): PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI ISPRING SUITE BAGI ANAK TK/RA DI SEMARANG


Monica Rahmawati, 2303418031 (2022) MUNAROH (MUFRODAT ANAK RAUDHOTUL ATHFAL): PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI ISPRING SUITE BAGI ANAK TK/RA DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2303418031 - Monica Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di lapangan yang minim akan media pembelajaran khususnya untuk pengenalan kosakata Bahasa Arab bagi anak TK/RA. Para guru selama ini menggunakan media kartu gambar dan nyanyian saja, namun dalam pelaksanannya belum maksimal karena media tersebut kurang dinamis melihat perkembangan teknologi yang sekarang sangat pesat. Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti berupaya mengembangkan sebuah multimedia kosakata bahasa Arab dengan aplikasi iSpring Suite untuk anak TK/RA kelompok B. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah (1) bagaimana analisis kebutuhan guru terhadap media MUNAROH(Mufrodat Anak Raudhotul Athfal) Multimedia Kosakata Bahasa Arab dengan Aplikasi iSpring Suite Bagi Anak TK/RA di Semarang, (2) bagaimana purwarupa media MUNAROH(Mufrodat Anak Raudhotul Athfal) Multimedia Kosakata Bahasa Arab dengan Aplikasi iSpring Suite Bagi Anak TK/RA di Semarang, dan (3) bagaimana validasi ahli dan revisi terhadap purwarupa media MUNAROH(Mufrodat Anak Raudhotul Athfal) Multimedia Kosakata Bahasa Arab dengan Aplikasi iSpring Suite Bagi Anak TK/RA di Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah pertama, para guru menghendaki adanya media MUNAROH bagi anak TK/RA kelompok B. Kedua, Purwarupa media MUNAROH (Mufrodat Anak Roudhatul Athfal) adalah media yang berbentuk games edukatif yang di desain dengan tampilan aplikasi PC sehingga memudahkan guru TK/RA mengajarkan pengenalan Bahasa Arab kepada anak di era pandemi yang serba digital ini. Media MUNAROH ini merupakan games 2D yang berisi kosakata Bahasa Arab untuk anak TK/RA kelompok B dan berisi lima tema yaitu rekreasi, profesi, alat komunikasi, alat transportasi, dan ramadhan ceria. Ketiga, hasil validasi ahli yaitu meliputi (1) aspek kelayakan isi dan materi, (2) aspek tampilan, (3) aspek rekayasa perangkat lunak, (4) aspek komunikasi, (5) aspek audio dan, (6) aspek visual. Hasil perolehan rata-rata keseluruhan skor adalah 335,875. Dengan demikian, maka metode pembelajaran ini dinyatakan layak dengan predikat bagus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran media“MUNAROH”(Mufrodat Anak Raudhotul Athfal) Multimedia Kosakata Bahasa Arab dengan Aplikasi iSpring Suite Bagi Anak TK/RA di Semarang layak digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Multimedia, Aplikasi, iSpring Suite
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Jan 2023 00:56
Last Modified: 16 Apr 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55590

Actions (login required)

View Item View Item