POLA PERSEBARAN INDEKS KEPADATAN BANGUNAN DAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DI KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG


Julia Dwi Indriana, 3211416011 (2022) POLA PERSEBARAN INDEKS KEPADATAN BANGUNAN DAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DI KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416011 - Julia Dwi Indriana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kelurahan Sidomulyo merupakan kelurahan yang berada pada Kecamatan Ungaran Timur. Kelurahan Sidomulyo memiliki penduduk 4.352 jiwa dan seiringnya waktu dapat menyebabkan pertumbuhan penduduk yang semakin bertambah. Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan adanya pertambahan lahan terbangun multifungsi pada suatu wilayah dan kondisi sanitasi harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis indeks kepadatan bangunan, menganalisis pola persebaran indeks kepadatan bangunan dan menganalisis kondisi sanitasi lingkungan. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Populasi penelitian adalah 1.422 kepala keluarga. Sampel penelitian adalah 90 kepala keluarga dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian adalah penggunaan lahan dan kondisi bangunan, pola persebaran indeks kepadatan bangunan, kondisi sanitasi lingkungan. Metode pengumpulan data adalah dengan data sekunder, data primer, data NDBI menggunakan citra landsat 8, metode observasi, dokumentasi dan instrumen angket. Metode analisis data adalah NDBI, analisis tetangga terdekat dengan aplikasi Arcgis dan analisis univariat. Hasil penelitian yaitu indeks kepadatan bangunan memiliki indeks bangunan padat dengan luas 28,59 ha (23,36%) dengan bangunan yang terkonsentrasi mengikuti jalan, indeks bangunan sedang dengan luas 37,94 ha (31%) dengan bangunan yang mengikuti sungai dan berada pada belakang bangunan padat, indeks bangunan jarang dengan luas 34,47 ha (28,16%) dengan bangunan yang berada pada belakang bangunan sedang dan non bangunan atau lahan tidak terbangun dengan luas 21,4 ha (17,48%) yang berada pada pinggirpinggir kelurahan dan jauh dari bangunan padat. Pola Persebaran indeks kepadatan bangunan memiliki pola mengelompok atau bergerombol (cluster pattern) dengan nilai T yaitu 0,49, dengan pola mengelompok pada indeks kepadatan bangunan padat dan pola acak pada indeks kepadatan bangunan sedang. Kondisi sanitasi sudah ada pembangunan IPAL komunal. Saran, setiap kepala keluarga untuk menggunakan dan memiliki septic tank atau lubang galian untuk pembuangan limbah tinja dan tidak dialirkan ke sungai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepadatan Bangunan,Pola Persebaran Indeks Bangunan ,Kondisi Sanitasi Lingkungan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:32
Last Modified: 25 Jan 2023 08:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55586

Actions (login required)

View Item View Item