FI’L MUDLĀRIʿ MABNIYY (VERBA IMPERVEKTUM PERMANENT) DALAM AL-QUR’AN JUZ 1-15 (Analisis Sintaksis)


Ahmad Sambali, 233418019 (2022) FI’L MUDLĀRIʿ MABNIYY (VERBA IMPERVEKTUM PERMANENT) DALAM AL-QUR’AN JUZ 1-15 (Analisis Sintaksis). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2303418019 - Ahmad Sambali.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fi‟l mudlāri‟ mabniyy adalah fi‟il mudlāri‟ yang bertemu langsung dengan nūn taukīd baik tsaqīlah maupun khafīfah dan ketika bertemu nūn niswah. Jenis mabniyynya fi‟il mudlāri‟ terbagi menjadi dua macam yaitu, mabniyy fatchah dan mabniyy sukūn. Mabniyy fatchah ketika bertemu dengan nūn taukīd tsaqīlah atau nūn taukīd khafīfah secara langsung (tanpa pemisah), sedangkan mabniyy sukūn ketika bertemu dengan nūn niswah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apa saja jenis penyebab mabniyynya fiʿil mudlāriʿ dalam Al-Qur‟an juz 1-15 (2) Apa saja mabniyynya fiʿil mudlāriʿ dalam Al-Qur‟an juz 1-15 (3) Bagaimana i‟rāb machalliy fiʿil mudlāriʿ mabniyy dalam Al-Qur‟an juz 1-15. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi pustaka (library research). Data dalam penelitian ini adalah fi‟il mudlāri‟ mabniyy dalam Al-Qur‟an juz 1-15. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 112 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy yang terdapat dalam Al-Qur‟an juz 1-15. Keseluruhan data diklasifikasikan berdasarkan jenis (penyebab mabniyy), mabniyynya fi‟il mudlāri‟ dan i‟rāb machalnya. Berdasarkan jenis penyebab mabniyynya, terdapat tiga jenis yang dianalisis yaitu (1) fi‟il mudlāri‟ mabniyy karena bertemu nūn taukīd tsaqīlah, (2) fi‟il mudlāri‟ mabniyy karena bertemu nūn taukīd khafīfah, (3) fi‟il mudlāri‟ mabniyy karena bertemu nūn niswah. Peneliti menemukan sebanyak 101 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy karena bertemu nūn taukīd tsaqīlah, satu data fi‟il mudlāri‟ mabniyy karena bertemu nūn taukīd khafīfah, 10 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy karena bertemu nūn niswah. Adapun 102 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy dengan charokat fatchah dan 10 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy dengan charokat sukūn. Berdasarkan i‟rāb machalnya peneliti menemukan 74 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy bermachal rafa‟, 5 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy bermachal nashab dan 33 data fi‟il mudlāri‟ mabniyy bermachal jazm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sintaksis, Fi‟il Mudlāri‟ Mabniyy.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:21
Last Modified: 25 Jan 2023 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55579

Actions (login required)

View Item View Item