KEEFEKTIFAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BATANG


Susanti, 2303418005 (2022) KEEFEKTIFAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2303418005 - Susanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa Arab. keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Batang tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu minimnya kosakata yang dikuasai kemudian variasi permainan yang diterapkan dalam pembelajaran masih jarang dilakukan. Permainan yang pernah diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Batang yaitu pesan berantai. Salah satu upaya yang ditawarkan sebagai alternatif pemecahan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan permainan puzzle untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Batang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan permainan puzzle terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Batang, untuk menegtahui keefektifan permainan puzzle terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Batang, dan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VIII MTs Negeri Batang terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab. Jenis dan desain penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain quasi exsperimen nonequivalent group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes lisan. Instrumen non tes yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelas eksperimen dari hasil pretest ke postest lebih besar dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai pretest dan postest kelas eksperimen yaitu 63,43 dan 74,73. Sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata nilai pretest dan postest yaitu 68,16 dan 72,26. Dari perhitungan t-test menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikasi pretest dan postest kelas eksperimen yaitu 0,000 yang artinya (0,000 < 0,05). Sehingga terdapat perbedaan rata-rata pada nilai pretest dan postest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan membuktikan adanya pengaruh permainan puzzle terhadap hasil postest pada kelas eksperimen. Maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini yaitu hipotesis kerja (Ha) dan Ho ditolak. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Permainan Puzzle Efektif untuk Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri Batang”

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Permainan Puzzle, dan Keterampilan Berbicara.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:26
Last Modified: 25 Jan 2023 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55569

Actions (login required)

View Item View Item