MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI PKBM WACANA MULYA KOTA SEMARANG
Mega Resiana, 1201417025 (2021) MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C DI PKBM WACANA MULYA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu (1) untuk mengetahui motivasi belajar warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Wacana Mulya. (2) ntuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat warga belajar dalam motivasi belajar di pendidikan kesetaraan kejar paket C di PKBM Wacana Mulya. Pada Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian, meliputi delapan warga belajar Paket C, tiga tutor, dan satu pengelola di PKBM Wacana Mulya, melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini ialah tringulasi sumber dan tringulasi data dengan teknik analisis data mempergunakan tahapan reduksi, penyajian data dan menyimpulkan. Hasil temuan dalam penelitian ini : (1) Motivasi intirnsik warga belajar adalah minat dan perhatian dalam belajar yang dapat dikatakan cukup baik; (2) ketekunan warga belajar dengan mengikuti kegiatan belajar mengajar, bertanya kepada tutor, dan mengerjakan tugas; (3) usaha warga belajar dalam menghadapi kesulitan dengan mempelajari materi diinternet, bertanya kepada tutor melalui chat pribadi dengan tutor dan bekerja untuk membayar biaya pendidikannya sendiri; (4) Motivasi ekstrinsik warga belajar dengan adanya pemberian nilai, pujian, dan dorongan-dorongan positif yang diberikan tutor kepada warga belajar; (5) Faktor pendukung yaitu kondisi kesehatan, keinginan warga belajar, metode pembelajaran yang menarik dan dukungan orangtua, sedangkan faktor penghambat adalah masalah internal warga belajar, pembelajaran daring, kesibukan warga belajar, dan kondisi ekonomi keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah warga belajar memiliki minat untuk melanjutkan pendidikannya sehingga bersungguh-sungguh dan bersedia mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan, selain itu pemberian penghargaan dalam belajar meningkatkan motivasi belajar warga belajar. Saran pada penelitian ini ialah warga belajar perlu meningkatkan motivasi belajar pada pribadi masing-masing, warga belajar seharusnya lebih serius dalam mengikuti pembelajaran, warga belajar perlu mencukupi segala kebutuhan belajar melalui keikutsertaan program kejar paket C, dan semangat dari warga belajar perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pendidikan Kesetaraan, Program Kejar Paket C |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 03:24 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 03:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55560 |
Actions (login required)
View Item |