PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, SARANA PRASARANA DAN KEDISIPLINAN PEGAWAI TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP DI KELURAHAN SE-KECAMATAN SAMBUNGMACAN


Salma Sabila, 7101418110 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, SARANA PRASARANA DAN KEDISIPLINAN PEGAWAI TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP DI KELURAHAN SE-KECAMATAN SAMBUNGMACAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418110 - Salma Sabila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kearsipan merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat terlepaskan dari kegiatan administrasi perkantoran baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Sistem kearsipan yang dilakukan secara baik dan optimal akan memperlancar proses kegiatan administrasi serta pencapaian tujuan suatu instansi atau organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pegawai, sarana prasarana, dan kedisiplinan pegawai terhadap pengelolaan arsip di kelurahan se-kecamatan Sambungmacan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kelurahan di Kecamatan Sambungmacan yang berjumlah 87 pegawai. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, dan analisis deskriptif persentase dengan bantuan program IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y= 11,253 + 0,286Xₗ + 0,359X₂ + 0,768X₃ + e. Besarnya pengaruh secara simultan kompetensi pegawai, sarana prasarana, dan kedisiplinan pegawai terhadap pengelolaan arsip sebesar 37,8%. Sedangkan secara parsial untuk kompetensi pegawai berpengaruh terhadap pengelolaan arsip sebesar 10,89%, sarana prasarana berpengaruh terhadap pengelolaan arsip sebesar 4%, dan kedisiplinan pegawai berpengaruh terhadap pengelolaan arsip sebesar 14,75%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan kompetensi pegawai, sarana prasarana, dan kedisiplinan pegawai terhadap pengelolaan arsip di kelurahan se-kecamatan Sambungmacan, terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial kompetensi pegawai, dan kedisiplinan pegawai terhadap pengelolaan arsip di kelurahan se-kecamatan Sambungmacan. Sedangkan, sarana prasarana tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial. Saran dari penelitian ini adalah kelurahan perlu mengadakan pelatihan tentang pengelolaan arsip, semua pegawai diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan sarana prasarana kearsipan, kepala desa diharapkan lebih memperhatikan tingkat kedisiplinan para pegawainya terutama dalam segi ketepatan waktu dalam bekerja, kelurahan membuat SOP terkait pemusnahan arsip dan diharapkan pelaksanaan pemusnahan arsip dapat dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pegawai, Sarana Prasarana, Kedisiplinan Pegawai, dan Pengelolaan Arsip
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:03
Last Modified: 25 Jan 2023 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55554

Actions (login required)

View Item View Item