PELAKSANAAN GANTI KERUGIAN DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM (Studi Analisis Pembangunan Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten)


MELINIA MARIA RACHMAN, 8111418152 (2022) PELAKSANAAN GANTI KERUGIAN DALAM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM (Studi Analisis Pembangunan Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111418152_MELINIA MARIA RACHMAN - Melinia Maria Rachman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembebasan tanah pembangunan Jalan tol harus segera dilakukan untuk mencapai pembangunan nasional serentak pada tahun 2023. Berbagai hambatan muncul di tengah masyarakat karena pemerintah dinilai tidak adil dan tidak ada keterbukaan informasi terkait dengan prosedur dan penetapan ganti kerugian sehingga memicu permasalahan baru yang berdampak krisis kepercayaan terhadap pemerintah. Maka dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Yaitu 1. Bagaimana Prosedur penetapan ganti kerugian bagi pihak yang berhak jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten? 2. Apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penetapan uang ganti kerugian untuk pembangunan jalan Tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten? Dan Bagaimana upaya panitia pengadaan tanah mengatasi kendala tersebut? Tujuan dari penelitian ini menganalisa mengenai pelaksanaan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan meneliti ke substansi makna dari fenomena yang terjadi untuk menjawab pertanyaabagaimana, apa, mengapa. akan jenis penelitian empiris yang menganggap bahwa pengamalan sebagai sumber pengetahuan berdasarkan pengalaman melalui penelitan lapangan yakni observasi, wawancara terstruktur, dan tidak terstruktur, dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa 1. Proses pelaksanaan pemberian uang ganti kerugian dilakukan secara transparan dan menghargai hak-hak rakyat atas tanah yang dimilikinya. 2. Badan Pertanahan Nasional dalam menjembatani permasalahan pihak yang berhak dengan Kantor Jasa Penilai Publik belum dilaksanakan secara optimal. 3. Penilai Sih Wiryadi yang menjunjung misi untuk memberikan rasa kepuasan kepada pengguna jasa dengan menghasilkan output yang akurat, tidak menjalankan tugasnya dan menyalahi Standar Penilaian Indonesia dan Kode Etik Penilai Indonesia sehingga menimbulkan problematika dan menghambat tahap pemberian ganti kerugian kepada masyarakat. Tuntutan dan protes masyarakat tersebut karena dinilai kurang tingginya nilai uang ganti kerugian yang diterima sehingga mereka menuntut harga tinggi. Tim Panitia Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten, Pejabat Pembuat Komitmen, Kantor Jasa Penilai Publik telah sesuai prosedur dan SOP dengan mempertimbangkan keadilan dan menjalankan proyek secara terbuka tanpa ada diskriminasi. Dalam proes pembebasan lahan jalan tol Yogyakarta-Solo selalu diberikan nilai ganti kerugian diatas harga pasaran tanpa ada pemotongan sepeserpun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Tanah, Jalan Tol, Ganti Kerugian.
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:02
Last Modified: 25 Jan 2023 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55553

Actions (login required)

View Item View Item