PENGARUH SELF EFFICACY, DORONGAN ORANGTUA, DAN PELUANG KERJA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 WONOSOBO


Reta Ayu Saputri, 7101418108 (2022) PENGARUH SELF EFFICACY, DORONGAN ORANGTUA, DAN PELUANG KERJA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418108 - Reta Ayu Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan tindakan yang dilakukan untuk menentukan pilihan yang tepat dari berbagai alternatif pilihan yang ada. Berdasarkan observasi awal pada 30 responden, menyatakan bahwa sebesar 73,9% pengambilaln keputusan dalam memilih jurusan administrasi perkantoran tidak sesuai dengan keinginan mereka. Penelitian yang dilakukan oleh Handiani (2017) self efficacy berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Penelitian Istifarani (2016) dorongan orangtua tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, namun pada penelitian Julianto et al (2017) dorongan orangtua berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Pada penelitian Nurul (2020) peluang kerja berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh self efficacy, dorongan orangtua dan peluang kerja terhadap pengambilan keputusan memilih jurusan administrasi perkantoran di SMKN 1 Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMK N 1 Wonosobo jurusan Administrasi Perkantoran. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 153 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner). Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y = 8,134 + 0,139 SE + 0,011 DO + 0,300 PK + e. Hasil penelitian meunjukkan self efficacy berpengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih jurusan, dorongan orangtua tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih jurusan, dan peluang kerja berpengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih jurusan. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Siswa harus memahami bakat dan minat diri masing masing (2) Adanya pertimbangan dalam membuat suatu keputusan (3) Dalam memilih keputusan ikutsertakan pendapat orangtua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Dorongan Orangtua, Peluang Kerja, Pengambilan keputusan memilih jurusan, Administrasi Perkantoran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:00
Last Modified: 25 Jan 2023 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55552

Actions (login required)

View Item View Item