PERAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI MODERASI EFIKASI DIRI DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022


Nida Anisatun Nabillah, 7101418103 (2022) PERAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI MODERASI EFIKASI DIRI DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418103 - Nida Anisatun Nabillah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Minat Berwirausaha merupakan hal yang penting dalam membangun kewirausahaan seseorang serta wirausaha menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat pengangguran. Pendidikan SMK menjadi penyumbang pengangguran terbanyak di Indonesia. Hal tersebut bertolak belakang dengan tujuan SMK, yaitu membentuk lulusan yang siap memasuki dunia kerja. Namun kenyataannya lulusan SMK masih sulit mendapatkan pekerjaan sehingga menjadi pengangguran. Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran adalah dengan berwirausaha. Kewirausahaan memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran dan meningkatkan perekonomian Indonesia, yaitu dengan meningkatkan minat berwirausaha generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dukungan sosial sebagai moderasi efikasi diri dan karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Semarang yang berjumlah 858 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 273 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan program Warp PLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif efikasi diri terhadap minat berwirausaha dengan p koefisien sebesar 0,217 dan p value < 0,001. Ada pengaruh yang positif karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha dengan p koefisien sebesar 0,741 dan p value < 0,001. Dukungan sosial mampu memoderasi pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha dengan p koefisien 0,101 dan p value 0,045. Dukungan sosial mampu memoderasi pengaruh karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha dengan p koefisien 0,124 dengan p value 0,019. Hasil dari analisis Adjusted R-squared sebesar 0.714 menunjukkan bahwa variabel independen dengan variabel moderasi mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 71,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat berwirausaha, dukungan sosial, efikasi diri, karakteristik wirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:51
Last Modified: 25 Jan 2023 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55545

Actions (login required)

View Item View Item