EFEKTIVITAS PERLINDUNGAN HUKUM ASAS FIRST TO FILE TERHADAP PEMEGANG HAK MEREK PERTAMA (STUDI KASUS PADA MEREK TEMPO GELATO)


Suci Hamidah Rahman Hakim, 8111418137 (2022) EFEKTIVITAS PERLINDUNGAN HUKUM ASAS FIRST TO FILE TERHADAP PEMEGANG HAK MEREK PERTAMA (STUDI KASUS PADA MEREK TEMPO GELATO). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111418137 - Suci Hamidah Rahman Hakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sistem perlindungan merek di Indonesia saat ini menganut sistem kontituantif yang berdasar pada asas first to file. Dalam dunia perdagangan tak jarang ditemukan para pelaku usaha yang melakukan pelanggaran merek dengan memanfaatkan atau menggunakan tanpa hak atau izin suatu merek teerdaftar dari pelaku usaha lainnya yang memiliki reputasi baik dimata konsumen demi sebuah keuntungan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengidentifikasi serta menganislis efektivitas perlindungan hukum asas first to file terhadap pendaftar pertama pada kasus sengketa merek Tempo Gelato (2) mengidentifikasi serta menganislis upaya hukum yang dilakukan untuk pemegang hak merek pertama Tempo Gelato dalam mempertahankan hak mereknya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas perlindungan hukum terhadap pemegang hak Merek pertama Tempo Gelato masih belum efektif secara maksimal, lamanya waktu pemeriksaan hingga terbitnya sertifikat serta kurangnya pemahaman masyarakat selain pelaku usaha mengenai perlindungan merek juga ditambah Kurangnya sosialisasi yang diadakan oleh instansi pemerintah membuat efektivitas perlindungan merek menjadi tidak maksimal (2) Upaya yang telah dilakukan oleh pemilik merek Tempo Gelato dalam mempertahankan hak mereknya adalah dengan melakukan pendaftaran merek pada saat awal berdirinya Tempo Gelato, pada saat terjadi sengketa Tempo Gelato yang diawali perampasan usaha dengan kekerasan, Pemegang hak merek pertama Tempo Gelato lebih dahulu mendapatkan gugatan pembatalan merek kemudian mengajukan gugatan rekonvensi serta melaporkan tindakan perampasan dengan kekerasan dan pelanggaran merek kepada Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) perlindungan hukum berdasarkan asas first to file terhadap pemegang hak merek pertama pada merek Tempo Gelato masih belum efektif secara maksimal. (2)Upaya yang telah dilakukan pemegang hak merek pertama dalam sengketa merek Tempo Gelato adalah melaukan pendaftaran merek sebagai upaya perlindungan hukum preventif serta melakukan upaya hukum represif melalui jalur gugatan perdata dan pidana. Saran dalam penelitia ini agar pemerintah dapat meningkatkan layanan fasilitas pendaftaran merek dan meningkatkan sosialisasi mengenai perlindungan merek, serta masyarakat dan/atau pelaku usaha kedepannya semakin tertib dalam menjalankan dan menaati aturan hukum mengenai perlindungan merek

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, First to File, Hak merek pertama
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:50
Last Modified: 25 Jan 2023 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55544

Actions (login required)

View Item View Item