PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT, LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Nurfidhah Luthfiyah, 7101418100 (2022) PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT, LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418100 - Nurfidhah Luthfiyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Masa peralihan pembelajaran dari yang semula tatap muka (offline) menjadi daring (online) dan kemudian berubah menjadi hybrid atau tatap muka kembali akan menjadi salah satu tantangan yang membutuhkan penyesuaian sehingga pandangan mahasiswa terhadap dirinya sangat penting. Resiliensi akademik merupakan kemampuan individu untuk bertahan dari kondisi akademik yang tidak terduga yang akan terjadi padanya dengan menyesuaikan dan merespon secara positif sehingga mampu melawan, mencegah, meminimalkan, bahkan terjadi dengan mengatasi situasi akademik yang tidak terduga dan secara proaktif beradaptasi dan merespons untuk menghilangkan risiko negatif tertentu yang mungkin terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh student engagement, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik dengan internal locus of control sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 699 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 dan 2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Berdasarkan populasi tersebut diambil 249 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil deskriptif penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara student engagement, lingkungan keluarga dan internal locus of control terhadap resiliensi akademik; teman sebaya tidak berpengaruh terhadap resiliensi akademik; terdapat pengaruh positif antara student engagement, lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap internal locus of control; dan terdapat pengaruh positif antara student engagement, lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik melalui internal locus of control. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif student engagement dan lingkungan keluarga terhadap resiliensi akademik, teman sebaya tidak berpengaruh terhadap resiliensi akademik dan internal locus of control terbukti dapat memediasi pengaruh student engagement, lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap resiliensi akademik. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah mahasiswa perlu meningkatkan keyakinan dan kendali atas dirinya, meningkatkan keterlibatan dirinya dalam proses perkuliahan, menjaga hubungan yang baik antar anggota keluarga sehingga mendapatkan dukungan dalam proses akademiknya dan memiliki lingkaran teman sebaya yang positif dan mendukung sehingga menjadikan mahasiswa lebih resilien dalam menghadapi proses akademiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, Student Engagement, Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Internal Locus of Control
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:47
Last Modified: 25 Jan 2023 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55543

Actions (login required)

View Item View Item