PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DESAMART


Mursyd Imam Rizaldi, 7101418097 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DESAMART. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418097 - Mursyd Imam Rizaldi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi Indonesia tumbuh melalui berbagai sektor ekonomi dengan berbagai pihak yang terlibat seperti negara hingga pelosok desa. Desa melalui BUMDes memiliki peran yang penting untuk membangun ekonomi dengan menyediakan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Loyalitas pelanggan merupakan sesuatu hal yang penting bagi perusahaan karena pelanggan yang loyal akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh variabel kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan citra merek terhadap loyaliras pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Desamart yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Dalam penelitian ini mengambil jumlah 100 sampel dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model penelitian ini telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk pada asumsi klasik dengan mengacu pada perhitung SPSS 26 sehingga model ini dinyatakan layak. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat empat hipotesis yang diterima. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah mengutamakan kepuasan pelanggan Desamart, memperbaiki dan melengkapi sarana penunjang pelayanan di Desamart dan aktif dalam kegiatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Citra Merek.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:43
Last Modified: 25 Jan 2023 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55542

Actions (login required)

View Item View Item