PENGARUH SELF ESTEEM DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN FEAR OF FAILURE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Nila Tsurayya, 7101418096 (2022) PENGARUH SELF ESTEEM DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN FEAR OF FAILURE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418096 - Nila Tsurayya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku penundaan terhadap tugas-tugas akademik yang dapat memberikan dampak negatif terhadap proses pendidikan. Prokrastinasi akademik dapat memberikan dampak negatif pada hasil belajar, mahasiswa yang melakukan penundaan akan menyebabkan tugas tidak terselesaikan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self esteem dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik dengan fear of failure sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2019 yang berjumlah 979 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 284 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik anaisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik berada dalam kategori cukup tinggi. Self esteem berada pada kategori cukup tinggi. Self regulated learning berada pada kategori tinggi. Fear of failure berada pada kategori cukup tinggi. Hasil pengujian hipotesis membuktikan self esteem tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, self regulated learning berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik dan fear of failure berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik. Secara parsial self esteem dan self regulated learning berpengaruh negatif terhadap fear of failure. Fear of failure mampu memediasi pengaruh self esteem dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh self regulated learning dan fear of failure. Fear of failure dipengaruhi oleh self esteem dan self regulated learning, dan fear of failure mampu memediasi pengaruh self esteem dan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan mengelola waktu pengerjaan tugas dengan baik, mengerjakan tugas sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, mendahulukan mengerjakan tugas daripada kegiatan lain, dan mengabaikan hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian pada kegiatan yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Self Esteem, Self Regulated Learning, Fear of Failure.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:36
Last Modified: 25 Jan 2023 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55540

Actions (login required)

View Item View Item