PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERMUATAN KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK SISWA SMK PADA MASA PANDEMI COVID-19


Arlita Millenia Permata, 1102417020 (2021) PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERMUATAN KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK SISWA SMK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102417020 - Arlita Millenia Permata.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan dalam proses pembelajaran jarak jauh terletak pada ketersediaan bahan ajar. Akan tetapi dalam implementasinya, ditemukan adanya keterbatasan bahan ajar dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh di SMKN 11 Semarang pada mata pelajaran PKKWU (Produk Kreatif Kewirausahaan) di mana pendidik hanya menggunakan media pembelajaran podcast tanpa adanya sumber belajar pendamping lainnya. Keterbatasan ini berakibat pada konteks/ atau substansi yang tidak dapat tersampaikan dengan jelas, sehingga handout menjadi pilihan alternatif sebagai pendamping bahan ajar agar proses pembelajaran jarak jauh dapat berjalan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memaparkan deskripsi pengembangan bahan ajar berbentuk handout pembelajaran jarak jauh bermuatan keterampilan abad 21, (2) Menguji keefektifan handout terhadap hasil belajar dan (3) Menguji kelayakan bahan ajar berbentuk handout pembelajaran jarak jauh yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (development research) dengan pendekatan AKKER dan model pengembangan ASSURE. Prosedur pengembangan terdiri dari (1) Analyze Learners, (2) State Objectives, (3) Select Methods, Media and Materials, (4) Utilize Media and Materials, (5) Require Learner Participant, (6) Evaluate and Revise. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi kelayakan dan angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap handout bermuatan keterampilan abad 21. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket penilaian kelayakan handout oleh expert judgement serta lembar angket tanggapan guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan dikonversi ke dalam tabel kriteria kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout dinyatakan efektif dengan berkriteria “Baik”, dengan besaran rentang persentase ketuntasan 65,21%. Adapun persentase rata-rata kelayakan handout bermuatan keterampilan abad 21 oleh ahli media sebesar 96,45% dengan kategori “Sangat Layak”, kemudian tingkat validitas oleh ahli materi dengan rata-rata sebesar 88,28% dengan kategori “Sangat Layak”, serta tanggapan oleh pengguna guru sebesar 96,18% kategori “Sangat Layak” dan oleh pengguna siswa dengan rata-rata sebesar 87,07% yang kategori “Sangat Layak”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah handout pembelajaran jarak bermuatan keterampilan abad 21 layak digunakan sebagai bahan ajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Handout, Pembelajaran Jarak Jauh, Keterampilan Abad 21, Pandemi COVID-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:30
Last Modified: 25 Jan 2023 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55539

Actions (login required)

View Item View Item