STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN PADA PROGRAM FOCUS AREA STUDY DI SEKOLAH MUSIK INDONESIA SEMARANG


Helly Injar Priambodho, 1102415047 (2021) STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN PADA PROGRAM FOCUS AREA STUDY DI SEKOLAH MUSIK INDONESIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102415047 - Helly Injar Priambodho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi merupakan dorongan yang membuat seorang individu untuk melakukan suatu perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Motivasi dapat dipengaruhi dari oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik siswa. Selain itu faktor juga gender memiliki peran dalam memberi dorongan untuk belajar. Dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi maka proses pembelajaran akan berjalan dengan optimal. Pada program focus area study siswanya terdiri dari dua gender yaitu laki-laki dan perempuan, maka perlu dilakukan analisa keduanya dalam mempengaruhi motivasi belajar. hal ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing gender, sehingga guru dapat menggunakan metode belajar yang efektif sesuai karakteristik gender. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan pada program focus area study di Sekolah Musik Indonesia Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan ialah deskriptif komparatif yaitu membandingkan variabel yang sama untuk sampel yang berbeda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan program Focus Area Study. Sementara untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Dari data penleitian dapat diketahui nilai rata-rata motivasi belajar siswa laki-laki sebesar 131.27. Sedangakan nilai rata-rata motivasi belajar siswa perempuan sebesar 140.33 dengan selisih 9,06. Hasil analisis uji t diketahui nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,044 dimana nilai tersebut < 0,05. Maka peneliti menyimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ada perbedaan rata-rata motivasi belaja yang signifikan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan pada program Focus Area Study di Sekolah Musik Indoensia Semarang tahun 2021. Oleh karena itu diharapkan guru dapat memilih metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik gender sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Komparatif, Motivasi Belajar, laki-laki, perempuan, Focu Area Study.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:27
Last Modified: 25 Jan 2023 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55538

Actions (login required)

View Item View Item