PENGARUH PENGELOLAAN KELAS, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MODERASI (STUDI DI SMK NEGERI 1 PEMALANG)


Susi Ambarwati, 7101418090 (2022) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS, DUKUNGAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DENGAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MODERASI (STUDI DI SMK NEGERI 1 PEMALANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418090 - Nabela Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah menjadi masalah yang sering dihadapi oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas, dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi dengan lingkungan sekolah sebagai moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah siswa akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Pemalang sebanyak 143 siswa dan sampel pada penelitian ini sebanyak 105 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Moderate Regression Analysis (MRA). Analisis deskriptif menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam kategori cukup, pengelolaan kelas dalam kategori baik, dukungan orang tua dalam kategori baik, motivasi belajar dalam kategori tinggi dan lingkungan sekolah dalam kategori baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi, dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi, lingkungan sekolah memoderasi signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa akuntansi, lingkungan sekolah memoderasi signifikan dukungan orang tua terhadap hasil belajar siswa akuntansi, dan lingkungan sekolah memoderasi signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi. Simpulan penelitian ini adalah pengelolaan kelas, dukungan orang tua dan motivasi belajar dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa akuntansi. Saran dalam penelitian ini kepada orang tua siswa diharapkan dapat meningkatkan dukungan berupa perhatian terhadap kegiatan belajar anaknya seperti orang tua disarankan untuk memberi dukungan maupun menyarankan untuk belajar, dengan adanya perhatian orang tua terkait proses belajar anak tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pengelolaan Kelas, Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:15
Last Modified: 25 Jan 2023 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55536

Actions (login required)

View Item View Item