PEMBELAJARAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 DI SMP ISLAM SABILILLAH KECAMATAN BALONGAN KABUPATEN INDRAMAYU


SRIANGGUN HARUNJA, 2302418064 (2022) PEMBELAJARAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 DI SMP ISLAM SABILILLAH KECAMATAN BALONGAN KABUPATEN INDRAMAYU. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2302418064 - Srianggun Harunja.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kampus mengajar adalah program pemerintah dengan tujuan untuk membantu sekolah pada saat pandemi covid 19. Beberapa sekolah terutama pada daerah kawasan 3T mengalami beberapa kesulitan untuk melanjutkan pembelajaran karena pandemi covid 19. Kampus mengajar adalah salah satu solusi dalam dunia pendidikan. Melalui kampus mengajar ini mahasiswa mengadakan program dan kegiatan yang berfokus pada kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pembelajaran kampus mengajar di SMP Islam Sabilillah yang dilaksanakan oleh mahasiswa kampus mengajar dan hambatan apa saja yang terjadi pada mahasiswa kampus mengajar selama pembelajaran dikelas.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendeskripsikan pembelajaran kampus mengajar. Mahasiswa kampus mengajar dan guru perlu berpedoman pada alur pembelajaran saat kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas. Alur pembelajaran tersebut apabila diterapkan dengan baik dan terarah oleh mahasiswa dan guru, maka dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas belum diketahui seberapa besar keruntutan dan kelengkapan pada alur pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Data dari penelitian ini adalah pembelajaran kampus mengajar di SMP Islam Sabilillah Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Sumber data dari penelitian ini adalah mahasiswa dan siswa kelas VIII SMP Islam Sabilillah Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat yang berjumlah 8 orang. Metode pengumpulan data adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan data atau bahan yang digunakan dalam penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket dan wawancara. Dari keseluruhan hasil penelitian terhadap pembelajaran kampus mengajar diperoleh beberapa hasil. Alur pembelajaran yang dilaksanakan mahasiswa kampus mengajar terdapat kegiatan yang sudah dilaksanakan. Terdapat kepuasan siswa mengenai alur pembelajaran yang ditemukan dari hasil angket pembelajaran kampus mengajar. Dari hasil angket penelitian sebagian besar responden menjawab dengan presentase 87,5% “Setuju” Mahasiswa kampus mengajar menyampaikan materi pelajaran dengan baik dan urut. Dan terdapat kegiatan yang tidak dilaksanakan dilihat dari jawaban angket siswa menjawab dengan presentase 12,5 % “Tidak Setuju” Mahasiswa kampus mengajar memberikan soal latihan setelah materi selesai disampaikan. Dan terdapat beberapa hambatan yang dialami mahasiswa kampus mengajar pada pembelajaran kampus mengajar sehingga belum tercapainya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kampus Mengajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:52
Last Modified: 25 Jan 2023 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55532

Actions (login required)

View Item View Item