PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, NEED FOR ACHIEVEMENT, DAN ENTERPRENEURIAL SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN INDUSTRIALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Muhammad Ugie Febiansya, 7101418084 (2022) PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, NEED FOR ACHIEVEMENT, DAN ENTERPRENEURIAL SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN INDUSTRIALISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418084 - Muhammad Ugie Febiansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat berwirausaha yang dipengaruhi oleh Pendidikan Kewirausahaan, need for achievement, enterpreneurial self ef icacy yang dimoderasi oleh industrialisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun responden pada penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018. Sampel penelitian sebesar 177 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik berbasis SEM dengan software Smart PLS versi 3.0 Profesi menjadi pegawai dinilai lebih praktis dibandingkan memilih untuk menjadi wirausaha. Mahasiswa masih bergantung kepada lapangan pekerjaan yang ada, mahasiswa mengaku bahwa masih kesulitan menemukan ide untuk memulai usaha dan merasa ketakutan akan risiko kegagalan dalam berwirausaha. Institusi pendidikan memegang peran penting dalam membangun kompetensi awal wirausaha yang kemudian dimanifestasikan dalam bentuk kegiatan wirausaha. Perguruan tinggi diharapkan dapat menciptakan wirausahawan baru melalui kegiatan pengembangan diri sehingga dapat mendorong mahasiswa menjadi wirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap enterpreneurial self ef icacy dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan pendidikan kewirausahaan dan need for achievement terhadap minat berwirausaha melalui enterpreneurial self ef icacy dan need for achievement terhadap minat berwirausaha. Terdapat pengaruh positif dan signifikan enterpreneurial self ef icacy terhadap minat berwirausaha. Terdapat pengaruh positif dan signifikan industrialisasi dalam memoderasi pengaruh enterpreneurial self ef icacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Terdapat pengaruh negatif tetapi tidak signifikan industrialisasi terhadap minat berwirausaha. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang diharapkan terus meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan kewirausahaan agar mahasiswa lebih berminat untuk menjadi seorang wirausahawan di tengah perkembangan industrialisasi. Adapun selain pembelajaran pendidikan kewirausahaan, Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang juga diharapkan memberikan pengetahuan lain sebagai penopang mahasiswa dalam berwirausaha, antara lain seperti pembentukan karakter, kepercayaan diri, dan kebutuhan akan prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Need For Achievement, Enterpreneurial Self Ef icacy, Industrialisasi, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:39
Last Modified: 25 Jan 2023 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55529

Actions (login required)

View Item View Item