PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN PRODUK MELALUI SHOPEE KALANGAN GENERASI Z DI KOTA SEMARANG


Hanan Rachmadhina, 7101418083 (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN PRODUK MELALUI SHOPEE KALANGAN GENERASI Z DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418083 - Hanan Rachmadhina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan e-commerce dinilai membawa dampak kemudahan untuk melakukan kegiatan konsumsi dimana dalam memenuhi kebutuhan dapat dilakukan tanpa bertemu secara langsung dengan penjual. Saat ini e-commerce digunakan seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali generasi Z. Hal ini menyebabkan generasi Z lebih konsumtif karena penggunaan aplikasi e-commerce salah satunya Shopee yang banyak menawarkan produk-produk menarik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, locus of control eksternal terhadap perilaku konsumtif pembelian produk melalui shopee kalangan generasi Z di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini sebanyak 100 responden dengan kriteria usia 18-24 yang termasuk generasi Z di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan SEM PLS dengan software SmartPls 3.0 Hasil analisis deskriptif menunjukan variabel literasi keuangan generasi Z di Kota Semarang termasuk dalam kategori sangat tinggi, varaibel gaya hidup kategori tinggi, locus of control eksternal kategori tinggi, dan variabel perilaku konsumtif dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dan pada variabel gaya hidup dan locus of control eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Saran dalam penelitian ini diharapkan generasi Z dapat mengaplikasi pengetahuan literasi keuangan, menerapkan pola hidup ekonomis dan percaya atas kendali diri sendiri agar dapat menekan perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Locus Of Control Eksternal, Perilaku Konsumtif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:36
Last Modified: 25 Jan 2023 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55526

Actions (login required)

View Item View Item