PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG


Tia Indriyani, 2302418051 (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2302418051 - Tia Indriyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan generasi milenial, tidak terkecuali di kalangan pelajar. Adanya pembelajaran daring sejak pandemi, membuat sistem pembelajaran tersebut lebih fleksibel dibandingkan secara tatap muka. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat hambatan yang menyebabkan suatu tujuan pembelajaran tidak tercapai. Sehingga diperlukan upaya agar tujuan pembelajaran di masa pandemi dapat tercapai, salah satunya dengan cara menyesuaikan media pembelajaran yang ada. Dengan adanya Instagram yang merupakan aplikasi berbagi foto dan video di media sosial, tidak menutup kemungkinan media sosial tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran terutama pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa terdiri dari empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, yang harus dicapai agar pemelajar dapat berkomunikasi dengan baik, terutama dalam bahasa Jepang. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi peluang media sosial Instagram untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bahasa Jepang yang dilihat dari pemanfaatan fitur dan jenis konten pembelajaran pada lima akun konten kreator di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Kemudian data dikaji berdasarkan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dalam dalam Hardani, (2020) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini berupa konten pembelajaran dari sampel lima akun konten kreator pembelajaran bahasa Jepang, yaitu akun @auliasenpai, @kejepangan, @harumon.japanese, @jepangmudah dan @nihongo.monggo. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa media sosial Instagram dapat menjadi alternatif media pembelajaran bahasa Jepang dengan memanfaatkan berbagai fitur Instagram yang ada dalam membuat jenis konten pembelajaran yang beragam. Jenis tema materi pada konten tersebut di antaranya materi linguistik (kelas kata, idiom, ungkapan, dan antonim, pengenalan huruf) serta sejarah dan budaya yang ada di Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Pembelajaran, Bahasa Jepang.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:33
Last Modified: 05 Apr 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55524

Actions (login required)

View Item View Item