PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Elva Qothrunnada, 7101418079 (2022) PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418079 - Elva Qothrunnada.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan akademik adalah tindakan yang dilakukan seseorang dengan cara yang tidak terpuji untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Kecurangan akademik ternyata banyak terjadi di lingkungan pendidikan, bahkan sudah menjadi hal yang biasa untuk dilakukan. Berbagai kecurangan yang dilakukan mahasiswa tentunya karena didasari oleh berbagai faktor, baik dari internal maupun eksternal. bagus. Kecurangan akademik dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) yang dikenal sebagai fraud diamond. Berdasarkan studi pendahuluan terdapat mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2018 melakukan perilaku kecurangan akademik Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2018 yang terdiri dari 3 rombel yaitu PAP A, PAP B, dan PAP IUP dengan jumlah 116 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner dan dianalisis menggunakan IBM Statistic 25 for window. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif variabel tekanan, kesempatan rasionalisasi, kemampuan berada pada kategori cukup tinggi. Rata-rata pada variabel tekanan yaitu 34,90, untuk variabel kesempatan yaitu 49,88, untuk variabel rasionalisasi yaitu 48,97, sedangkan untuk variabel kemampuan sebesar 43,97. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tekanan, kesempatan, dan kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, sedangkan rasionalisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2018 universitas Negeri Semarang. Saran untuk penelitian ini yaitu mahasiswa disarankan untuk tidak melakukan kerjasama yang salah, mengerjakan tugas kuliah/ujian secara mandiri, serta meningkatkan kompetensi diri dalam pembelajaran perkuliahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Tekanan Akademik, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan Individu
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:31
Last Modified: 25 Jan 2023 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55523

Actions (login required)

View Item View Item