PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Aktif S-1 UNNES)


Putri Lindiyatmi, 7101418078 (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Aktif S-1 UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418078 - Putri Lindiyatmi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menguji pengaruh literasi keuangan, kelompok teman sebaya dan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif baik secara langsung maupun tidak langsung melalui locus of control. Kemudahan dalam memperoleh sesuatu dengan kemajuan teknologi menjadi dorongan mahasiswa berpikir secara irasional dan menimbulkan perilaku konsumtif. Apabila setiap mahasiswa tidak memiliki pemahaman terkait keuangan dan tidak memiliki kontrol diri serta mudah terpengaruh dengan kelompok pertemanan ketika berbelanja akan mudah timbul perilaku yang konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa aktif S-1 sejumlah 41.061 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% sebanyak 398 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak dari proporsi tiap fakultas. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan analisis sobel. Hasil penelitian menunjukkan secara langsung kelompok teman sebaya, penggunaan media sosial, serta locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan literasi keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap locus of control, kelompok teman sebaya, dan penggunaan media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap locus of control. Locus of control memediasi pengaruh literasi keuangan, kelompok teman sebaya, dan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif. Simpulan penelitian ini adalah kelompok teman sebaya, penggunaan media sosial, dan locus of control berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan literasi keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap locus of control, kelompok teman sebaya, dan penggunaan media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap locus of control. Locus of control berhasil memediasi literasi keuangan, kelompok teman sebaya dan penggunaan media sosial. Mahasiswa berperilaku konsumtif tinggi berasal dari fakultas bahasa dan seni, berdasarkan perbandingan anggaran pengeluaran setiap bulan, dan aspek lainnya. Saran penelitian, mahasiswa mampu meningkatkan kontrol diri untuk menghindari sikap perilaku konsumtif yang dapat dipengaruhi oleh kelompok pertemanan atau penyebab luar yang dapat menjadikan mahasiswa bersikap konsumtif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan, Kelompok Teman Sebaya, Penggunan Media Sosial, Locus Of Control
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:26
Last Modified: 25 Jan 2023 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55522

Actions (login required)

View Item View Item