PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN WADUK RAWA JOMBOR SEBAGAI TEMPAT BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN


Jundan Abdur Rahman, 3211416003 (2022) PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN WADUK RAWA JOMBOR SEBAGAI TEMPAT BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI DESA KRAKITAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416003 - Jundan Abdurrahman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Waduk secara umum adalah tempat pada permukaan tanah yang digunakan untuk menampung air saat terjadi kelebihan air / musim penghujan sehingga air itu dapat dimanfaatkan pada musim kering. Pendayagunaan waduk yang tidak terkontrol akan menimbulkan perubahan-perubahan dalam ekosistem yang dapat menyebabkan rusaknya sumberdaya alam. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pemanfaatan waduk Rawa Jombor sebagai tempat budidaya ikan air tawar peternak ikan di waduk Rawa Jombor dan menganalisis upaya pelestarian waduk Rawa Jombor yang dilakukan oleh peternak ikan di Waduk Rawa Jombor. Lokasi penelitian ini yaitu di waduk Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari studi dokumentasi dari Citra Google Earth. Populasi pada penelitian ini yaitu waduk Rawa Jombor dan penduduk Desa Krakitan, sedangkan sampel penelitian ini yaitu waduk Rawa Jombor yang dimanfaatkan sebagai keramba jaring tancap dan dua puluh empat peternak ikan yang tergabung dalam paguyuban peternak ikan Ngudi Waluyo Drajat. Hasil penelitian diperoleh data bahwa keramba yang digunakan untuk budidaya ikan yaitu keramba jaring tancap (kjt), jenis ikan yang dibudidaya di waduk Rawa Jombor yaitu ikan nila, mas, lele, patin, dan gurame. Permasalahan yang ada dalam budidaya ikan yaitu adanya enceng gondok yang menyulitkan akses peternak ikan untuk menuju ke keramba, sedangkan persebaran keramba di waduk Rawa Jombor yaitu pada area waduk bagian selatan sampai ke timur. Upaya pelestarian di waduk Rawa Jombor diperoleh data bahwa sebanyak 96% peternak ikan sudah mentaati eraturan tentang menjaga kelestarian waduk. Sebanyak 46% peternak ikan juga sudah ikut serta dalam kegiatan sosialisasi untuk menjaga kelestarian waduk. Peternak ikan di waduk Rawa Jombor 100% sudah ikut serta dalam kegiatan pelestarian waduk. Sebanyak 100% peternak ikan juga sudah sadar tentang pentingnya menjaga kelestarian waduk. Peternak ikan di waduk Rawa Jombor juga sudah 100% berupaya untuk menjaga kelestarian waduk Rawa Jombor. Saran dalam penelitian ini yaitu, agar seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan dan pelestarian waduk Rawa Jombor harus bekerja sama untuk menjaga dan melestarikan waduk Rawa Jombor sesuai dengan program yang sudah diberikan pemerintah secara rutin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budidaya Ikan Air Tawar, Upaya Pelestarian Waduk, Waduk Rawa Jombor
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:37
Last Modified: 25 Jan 2023 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55520

Actions (login required)

View Item View Item