DETERMINAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PENGGILINGAN PADI EMPAT SAUDARA DESA GRINTING KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES


Takhmilatul Janah, 7101418076 (2022) DETERMINAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PENGGILINGAN PADI EMPAT SAUDARA DESA GRINTING KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418076 - Takhmilatul Janah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan penggunaan jasa merupakan proses konsumen dalam menggunakan suatu jasa, sehingga jika konsumen menyukai jasa yang disediakan, maka konsumen akan memutuskan menggunakan jasa tersebut. Jasa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari konsumen Keputusan penggunaan jasa pada penggilingan padi Empat Saudara sangat penting dilakukan karena beras merupakan salah satu makanan pokok. Konsumen penggilingan padi Empat Saudara dalam memenuhi kebutuhan beras banyak dilakukan pada musim panen, jika musim panen berlalu mereka akan jarang menggiling padi mereka karena padi yang mereka miliki menurun. Peran penggilingan padi sangat penting dalam sistem agribisnis padi di Indonesia. Hal ini karena penggilingan padi menjadi tempat dalam menyuplai beras nasional, sehingga dituntut untuk memberikan kontribusi dalam menjaga ketersedian beras nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi melalui kepuasan konsumen sebagai variabel moderasi terhadap keputusan penggunaan jasa pada Penggilingan Padi Empat Saudara Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini merupakan populasi tidak terbatas dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan rumus Lemeshow pada konsumen pengguna jasa penggilingan padi Empat Saudara. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh mediasi. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan total pengaruh 3,84%. Ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas terhadap kepuasan konsumen dengan total pengaruh 12,53%. Ada pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen dengan total pengaruh 5,47%. Kepuasan konsumen tidak mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa dengan total pengaruh 7,07%. Kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh fasilitas terhadap keputusan penggunaan jasa dengan total pengaruh 16,08%. Kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh lokasi terhadap keputusan penggunaan jasa dengan pengaruh total 12,79%. Dan ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan penggunaan jasa dengan total pengaruh 10,17%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Keputusan Penggunaan Jasa, Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:22
Last Modified: 25 Jan 2023 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55519

Actions (login required)

View Item View Item