PENGARUH LITERASI DIGITAL, SELF-EFFICACY, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2021/2022)


Asty Sri Marliyanti, 7101418075 (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL, SELF-EFFICACY, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2021/2022). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418075 - Asty Sri Marliyanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar ekonomi digunakan sebagai acuan dan standar terhadap pembelajaran yang dilakukan secara daring dimana dapat digunakan oleh pihak institusi untuk membuktikan berhasil tidaknya proses pembelajaran daring ini selama masa pandemi covid-19. Pada metode pembelajaran manual yang telah tergantikan oleh pembelajaran daring dimana pembelajaran ini menggunakan sistem digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi dalam mencari materi melalui internet yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital, self-efficacy, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa selama pandemi covid-19 secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 140 siswa dengan sampel sejumlah 104 siswa. Perhitungan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan analisis pengujian hipotesis dengan bantuan IBM SPSS Statistik 24. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa literasi digital, self-efficacy, dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 90,8%. Sedangkan secara parsial literasi digital sebesar 25,90%, self-efficacy sebesar 14,5%, dan kemandirian belajar sebesar 24,90% berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Kemudian hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan (Y) = -14,217 + 0,541X1 + 0,346X2 + 0,633X3. Oleh karena itu, simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi digital, self-efficacy, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi secara simultan dan parsial. Saran kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan literasi digital, self-efficacy, dan kemandirian belajar dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 agar mendapat hasil belajar yang maksimal. Kemudian untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperluas variabel yang mempengaruhi hasil belajar seperti: motivasi belajar, aktivitas belajar, lingkungan teman sebaya atau variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Self-Efficacy, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:59
Last Modified: 24 Jan 2023 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55511

Actions (login required)

View Item View Item