PENGARUH SELF ESTEEM DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Doristin Theresya, 7101418072 (2022) PENGARUH SELF ESTEEM DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418072 - Doristin Theresya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi akademik merupakan kemampuan adaptif seorang peserta didik untuk dapat meningkatkan prestasi dalam proses pendidikan serta mampu menghadapi situasi sulit dan penuh tekanan yang menghalangi mereka untuk sukses. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh self esteem dan social support terhadap resiliensi akademik melalui self efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Negeri Semarang sejumlah 419 mahasiswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan didapat sebanyak 205 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan yaitu kuesioner dengan alat bantu google form. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis jalur dengan alat bantu IBM SPSS 21. Hasil analisis deskriptif menunjukan resiliensi akademik, self esteem, social support, dan self efficacy dalam kategori yang tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa social support tidak berpengaruh terhadap resiliensi akademik, namun self esteem dan self efficacy berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik. Terdapat pengaruh positif self esteem, social support terhadap self efficacy. Self esteem dan social support berpengaruh positif terhadap resiliensi akademik melalui self efficacy. Simpulan dari penelitian ini adalah self efficacy dapat memediasi pengaruh self esteem dan social support terhadap resiliensi akademik. Saran yang diberikan peneliti adalah mahasiswa perlu meningkatkan keaktifan dan mengurangi ketakutan untuk bertanya kepada dosen dalam kegiatan pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri mahasiswa dengan tetap mengembangkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi, dan mahasiswa diharapkan harus mempelajari materi terlebih dahulu sebelum dosen melakukan penjelasan dan pemberian materi perkuliahan, sehingga mahasiswa menjadi lebih resilien dalam menghadapi proses akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, Self Esteem, Social Support, Self Efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:57
Last Modified: 24 Jan 2023 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55510

Actions (login required)

View Item View Item