PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, EKSPEKTASI PENDAPATAN, DAN LITERASI DIGITAL MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019


Yudhita Trialin, 7101418071 (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, EKSPEKTASI PENDAPATAN, DAN LITERASI DIGITAL MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418071 - Yudhita Trialin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minat berwirausaha merupakan ketertarikan dan kesenangan seseorang terhadap suatu pekerjaan pada bidang kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam merencanakan, mengambil resiko, dan menghadapi berbagai tantangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kewirausahaan tahun 2021 jurusan Ekonomi Pembangunan masih belum optimal, sehingga perlu ditingkatkan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan, dan literasi digital melalui self efficacy, terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 yang berjumlah 173 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan proportional random sampling dengan penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel berjumlah 121 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, path analysis, dan sobel test. Hasil analisis deskriptif menunjukan pendidikan kewirausahaan dalam kategori tinggi, ekspektasi pendapatan dalam kategori tinggi, literasi digital dalam kategori tinggi, self efficacy dalam kategori tinggi, dan minat berwirausaha dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Ekspektasi pendapatan dan literasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan dan literasi digital berpengaruh positif terhadap self efficacy. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan melalui self efficacy terhadap minat berwirausaha. Ekspektasi pendapatan dan literasi digital tidak berpengaruh signifikan melalui self efficacy terhadap minat berwirausaha. Simpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Sedangkan ekspektasi pendapatan dan literasi digital secara langsung dan tidak langsung tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu mahasiswa perlu meningkatkan pendidikan kewirausahaan untuk memantapkan kesiapannya dalam berwirausaha, mahasiswa menanamkan self efficacy dalam berwirausaha, dan bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel motivasi instrinsik, lingkungan sosial, kreativitas, maupun literasi keuangan untuk mengetahui pengaruh minat berwirausaha mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha , Pendidikan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan, Literasi Digital, Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:40
Last Modified: 24 Jan 2023 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55508

Actions (login required)

View Item View Item