ANALISIS JENIS PEMBELAJARAN DAN LEVEL KEMAMPUAN BAHASA JEPANG PADA KONTEN VIDEO TIKTOK


Fitrianingsih, 2302418010 (2022) ANALISIS JENIS PEMBELAJARAN DAN LEVEL KEMAMPUAN BAHASA JEPANG PADA KONTEN VIDEO TIKTOK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2302418010 - Fitrianingsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

TikTok merupakan salah satu jenis media sosial yang popular di masyarakat. Berbagai jenis konten video dari berbagai bidang kehidupan dapat ditemukan di TikTok. Salah satu jenis konten video yang banyak ditemukan di TikTok adalah konten video tentang pembelajaran bahasa. Konten video pembelajaran tersebut dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu para pemelajar dalam menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana penulis bertujuan untuk melakukan sebuah studi tentang analisis jenis pembelajaran dan level kemampuan bahasa Jepang. Data penelitian berupa konten video pembelajaran bahasa Jepang dari 6 akun TikTok dengan nama akun @nihongodekita, @learn.study.japanese, @ecyjapan2020, @gogonihon, @jclass.id, dan @pocketnihongo yang diunggah pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret tahun 2022. Data tersebut dikumpulkan menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konten video pembelajaran bahasa Jepang di TikTok dengan persentase temuan data sebesar 69,2%. Dari temuan data tersebut, terdapat 7 jenis pembelajaran bahasa Jepang, yaitu Aisatsu, Bunka, Bunpou, Goi, Kaiwa, Linguistik, dan Moji. Selanjutnya, temuan data tersebut dianalisis dari segi level kemampuan bahasa Jepang. Level kemampuan bahasa Jepang yang ditemukan adalah level A1 sampai dengan level B2 dan level N5 sampai dengan level N1.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Pembelajaran Bahasa Jepang, Level Kemampuan Bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:48
Last Modified: 05 Apr 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55505

Actions (login required)

View Item View Item