Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Menggunakan Model Quantum Teaching Teknik TANDUR dengan Media Brosur pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Batang


Ika Emilia Apriyani , 2101407008 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Menggunakan Model Quantum Teaching Teknik TANDUR dengan Media Brosur pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Menggunakan Model Quantum Teaching Teknik TANDUR dengan Media Brosur pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Batang]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Menggunakan Model Quantum Teaching Teknik TANDUR dengan Media Brosur pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Batang) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis paragraf persuasif siswa SMA Negeri 1 Batang, masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh model dan teknik pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan model dan teknik pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih fokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Faktor lain adalah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran menulis persuasif itu merupakan pembelajaran yang sulit dan membosankan. Masalah dalam penelitian iniadalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis paragraf persuasif? (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasif? dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Batang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasif menggunakan model quantum teaching teknik TANDUR dengan media brosur pada saat pembelajaran? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasif, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasif dan (3) mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Batang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis paragraf persuasif menggunakan model quantum teaching teknik TANDUR dengan media brosur pada saat pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf persuasif menggunakan model quantum teaching teknik TANDUR dengan media brosur pada siswa kelas X3. Sumber data yang diambil adalah kelas X3 SMA Negeri 1 Batang yang terdiri atas 28 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu (1) variabel keterampilan menulis paragraf persuasif, dan (2) variabel model quantum teaching teknik TANDUR dengan media brosur . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik tes diberikan melalui soal uraian dan teknik nontes diambil melalui deskripsi perilaku ekologis, catatan harian, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis paragraf persuasif siswa pada tahap prasiklus, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 62,75 dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan menggunakan model quantum teaching teknik TANDUR dengan media pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 68,65 dengan kategori cukup. Tindakan dan nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang akan dicapai. Nilai rata-rata yang harus dicapai adalah 75. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 81,71 dalam kategori baik. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 13,06 atau 19,02% dari siklus I ke siklus II dan 9,40% dari prasiklus ke siklus I. Selain itu, perilaku-perilaku negatif siswa selama mengikuti pembelajaran pada tahap prasiklus dan siklus I mengalami perubahan ke arah positif pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan quantum teaching teknik TANDUR dengan media brosur dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf persuasif siswa dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya mempertimbangkan model quantum teaching teknik TANDUR dengan media brosur dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis paragraf persuasif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf persuasif, model quantum teaching teknik TANDUR, dan media brosur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2011 01:01
Last Modified: 25 Apr 2015 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item