STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK OLAHAN IKAN KELOMPOK PENGOLAH DAN PEMASAR SARI ULAM DI KOTA TEGAL


Firda Rizkyatunnisa Salsabila, 7101418063 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUK OLAHAN IKAN KELOMPOK PENGOLAH DAN PEMASAR SARI ULAM DI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418063 - Firda Rizkyatunnisa Salsabila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sektor UMKM berperan besar menyumbang dalam pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan di Indonesia khususnya Jawa Tengah adalah sektor usaha produk olahan ikan. Permasalahan yang terjadi pada UMKM menghambat perkembangan dan dibutuhkan strategi pengembangan untuk meningkatkan daya saing. Pada Kota Tegal tepatnya Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, terdapat sebuah unit bisnis yang didirikan oleh masyarakat. Bisnis tersebut memiliki nama Kelompok Pengolah dan Pemasar Sari Ulam. Pada usaha tersebut memerlukan adanya strategi pengembangan dengan tujuan dapat mengatasi masalah yang ada dan dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan produksi dan operasi, keuangan, pemasaran dan teknologi yang dilakukan oleh Kelompok Pengolah dan Pemasar Sari Ulam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis matrik SWOT. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan dokumentasi dengan sumber data yang diperoleh dari seluruh elemen penting pada Kelompok Pengolah dan Pemasar Sari Ulam yang mencakup : Kepala Seksi Penguatan Daya Saing Produk Perikanan, ketua, sekretaris, bendahara dan anggota POKLAHSAR Sari Ulam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat aspek strategi pengembangan yang diteliti pada produk olahan ikan Kelompok Pengolah dan Pemasar Sari Ulam strategi pengembangan produksi dan operasi menggunakan strategi SO, srategi pengembangan keuangan menggunakan strategi WT, strategi pengembangan pemasaran menggunakan strategi WT, strategi pengembangan teknologi menggunakan strategi WT. Saran yang dikemukakan oleh peneliti dalam strategi pengembangan produksi dan operasi yaitu terus memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan, kedua terus menjaga kesegaran bahan baku supaya menghasilkan produk berkualitas. Strategi pengembangan keuangan yaitu melakukan koordinasi yang baik antar anggota dalam penyusunan laporan pendapatan setiap tahun supaya tidak ada kekeliruan dalam pengalokasian dana. Strategi pengembangan pemasaran dengan menambah penyebaran area promosi, kedua memaksimalkan penggunaan sosial media tidak hanya di facebook dan whatsapp saja. Strategi pengembangan teknologi yaitu membentuk tim khusus IT supaya informasi yang disampaikan tidak keliru dan memaksimalkan penggunaan internet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Produksi dan Operasi, Keuangan, Pemasaran, Teknologi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:17
Last Modified: 24 Jan 2023 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55498

Actions (login required)

View Item View Item