PENGARUH KOMPETENSI GURU, SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TAMBELANG KABUPATEN BEKASI


Syifa Latifa, 7101418061 (2022) PENGARUH KOMPETENSI GURU, SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 TAMBELANG KABUPATEN BEKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418061 - Syifa Latifa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Guru merupakan sosok yang berpengaruh terhadap kinerja guru, oleh karena itu dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di sekolah maka kinerja guru harus selalu ditingkatkan. Tanpa ada seorang guru maka kegiatan pembelajaran tidak berhasil. Sehiingga tingkat keberhasilan dan pencapaian tujuan sekolah dalam kegiatan pembelajaran ditentukan oleh seorang guru, karena guru merupakan peran utama sebagai fasilitator penyelenggaraan proses belajar siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah terdapat pengaruh kompetensi guru, sarana prasarana, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Tambelang Kabupaten Bekasi yang berjumlah 54 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 54 guru di SMA Negeri 1 Tambelang Kabupaten Bekasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis dekriptif presentase dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0,264 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0,270 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien 0,218 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan terdapat pengaruh secara simultan dari ketiga variabel terhadap kinerja guru dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,919 atau 91,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat empat hipotesis yang semuanya diterima. Saran dan penelitian ini adalah guru lebih meningkatkan penggunaan waktu dalam bekerja, meningkatkan hubungan baik dengan rekan guru serta menjalin hubungan sosial di lingkungan luar sekolah, sekolah lebih memperhatikan fasilitas, dan guru memanfaatan penggunaan teknologi informasi pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Sarana Prasarana, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kinerja Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:14
Last Modified: 24 Jan 2023 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55496

Actions (login required)

View Item View Item