PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESERIUSAN BELAJAR DAN KUALITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi 2019 Universitas Negeri Semarang)


Fanny Elza Diantari, 7101418060 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESERIUSAN BELAJAR DAN KUALITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi 2019 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418060 - Fanny Elza Diantari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh atas kerja keras yang telah dilakukan dengan baik oleh setiap mahasiswa. Mahasiswa yang menempuh kuliah secara umum memiliki tujuan untuk memperjuangkan hasil prestasi belajar secara maksimal untuk masa depan yang akan dicapai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar, keseriusan belajar dan kualitas model pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 115 mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi 2019 Universitas Negeri Semarang yang seluruhnya dijadikan sebagai unit analisis. Variabel penelitian meliputi motivasi belajar, keseriusan belajar dan kualitas model pembelajaran kooperatif sebagai variabel independen, serta prestasi belajar sebagai variabel dependen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis simple random sampling dengan populasi memiliki peluang yang sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar, keseriusan belajar, kualitas model pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar berada pada kategori tinggi, stabil dan baik. Hasil penelitian dari analisis regresi linier menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Keseriusan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kualitas model pembelajaran kooperatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa adanya keterkaitan dari motivasi belajar, keseriusan belajar dan kualitas model pembelajaran kooperatif yang baik dan diterima oleh mahasiswa untuk meningkatkan hasil prestasi belajar yang maksimal. Saran dari penelitian ini yaitu mahasiswa dapat membentuk kelompok belajar yang nyaman, menggunakan gadget dengan bijak dan menyukai materi yang disampaikan selama proses pembelajaran berlangsung. Melakukan suatu perencanaan belajar dengan baik secara individu ataupun kelompok sesuai pada arahan dosen pendidik mahasiswa, serta diharapkan agar lebih fokus pada apa yang dipelajari sehingga dapat menyeleksi dengan mudah topik masalah yang dapat memberikan kualitas yang baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Keseriusan Belajar, Kualitas Model Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:11
Last Modified: 24 Jan 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55494

Actions (login required)

View Item View Item