Pengaruh Prestasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Persepsi Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang)


Fryda Anila Sandra Dewi, 7101418059 (2022) Pengaruh Prestasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Persepsi Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418059 - Fryda Anila Sandra Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat menjadi guru yang dimiliki oleh seorang mahasiswa cenderung berubah-ubah seiring dengan faktor yang mempengaruhi, seperti ketika dalam menempuh pendidikan mahasiswa tertarik dengan jurusan pendidikan yang nantinya akan sejalan dengan minat mahasiswa, tetapi ditengah jalan ada faktor�faktor yang membuat mahasiswa mengurungkan minat untuk menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, persepsi kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru dan peran efikasi diri dalam memoderasi pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan persepsi kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang dengan jumlah populasi sebanyak 115 mahasiswa dan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil analisis deskriptif menunjukkan minat menjadi guru dalam kategori tinggi, prestasi belajar dalam kategori dengan pujian, lingkungan keluarga dalam kategori mendukung, persepsi kesejahteraan guru dalam kategori baik, dan efikasi diri dalam ketagori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi guru, sedangkan lingkungan keluarga dan persepsi kesejahteraan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Variabel moderasi yaitu efikasi diri tidak dapat memperkuat pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan persepsi kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru. Simpulan dari penelitian ini prestasi belajar tidak berpengaruh terhadap minat menjadi guru, sedangkan lingkungan keluarga dan persepsi kesejahteraan guru berpengaruh terhadap minat menjadi guru. Efikasi diri tidak dapat memoderasi pengaruh prestasi belajar, lingkungan keluarga, dan persepsi kesejahteraan guru. Saran yang diajukan adalah mahasiswa diharapkan memberi respon yang positif terhadap dukungan yang diberikan oleh keluarga, mengikuti seminar kerguruan dan mencari tahu peraturan serta kebijakan pemerintah tentang profesi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Persepsi Kesejahteraan Guru, Minat Menjadi Guru, Efikasi Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:07
Last Modified: 24 Jan 2023 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55491

Actions (login required)

View Item View Item