PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS


Erna Emmawati, 7101418055 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418055 - Erna Emmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan faktor terpenting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya guna. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari kemandirian belajar setiap individu. Kemandirian meliputi sikap dan perilaku individu dalam berinisiatif, mengatasi kesulitan atau masalah, rasa percaya diri, dan menyelesaikan tanggungjawab tanpa bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang berjumlah 72 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan 62 siswa sebagai sampel. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus (83%). Secara parsial, motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar sebesar (18,92%). Gaya belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar (11,15%). Disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar (13,54%). Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi belajar, gaya belajar, dan disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu diharapkan para siswa mampu menumbuhkan kemandirian belajar melalui motivasi belajar dalam mencapai tujuan. Selain itu, kegiatan pembelajaran yang nyaman dan variatif disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Tata tertib sekolah dan aturan dalam kegiatan mandiri belajar juga lebih diperhatikan untuk membangun kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:04
Last Modified: 24 Jan 2023 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55489

Actions (login required)

View Item View Item