PENGARUH LITERASI PAJAK DAN PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SAMSAT KABUPATEN JEPARA)


Indah Yuliana, 7101418054 (2022) PENGARUH LITERASI PAJAK DAN PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SAMSAT KABUPATEN JEPARA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418054 - Indah Yuliana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu pajak bagian pajak provinsi yang memiliki kontribusi tinggi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Jepara masih belum mencapai target dari penerimaan yang sudah ditentukan. Pada tahun 2019 selisih penerimaan pajak dengan target sebesar 0,32 Miliar rupiah, pada tahun 2020 selisih penerimaan pajak dengan target sebesar 4,07 Miliar rupiah, dan pada tahun 2021 selisih penerimaan pajak dengan target sebesar 8,2 Miliar rupiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi pajak dan pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor melalui kesadaran wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Samsat Kabupaten Jepara yang berjumlah 531.806 wajib pajak. Sampel penelitian sebanyak 100 wajib pajak, dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner. Teknik analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Terdapat pengaruh positif signifikan pelayanan pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. literasi pajak dan pelayanan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran wajib pajak. Hasil pengaruh mediasi menunjukan literasi pajak dan pelayanan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak. Simpulan pada penelitian ini adalah: (1) literasi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, (2) pelayanan pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (3) literasi pajak dan pelayanan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran wajib pajak, (4) kesadaran wajib pajak secara signifikan mampu memediasi pengaruh literasi pajak dan pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya peningkatan literasi pajak pada masyarakat dengan cara membaca literatur melalui berbagai sumber seperti buku dan teknologi berbasis internet, peningkatan pelayanan pajak kendaraan bermotor khususnya di segi kemudahan dan kecepatan, pihak kepolisian lebih tegas dan adil dalam memberikan sanksi kepada wajib pajak yang melanggar supaya masyarakat lebih teredukasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Literasi Pajak, Pelayanan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:01
Last Modified: 24 Jan 2023 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55488

Actions (login required)

View Item View Item