PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGADAAN PEKERJAAN JASA KONSTRUKSI PENINGKATAN JALAN ARTERI GAJAH MADA TAHAP 1 DI LINGKUNGAN KERJA BP BATAM


GITA EKA RAHAYU, 8111418094 (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGADAAN PEKERJAAN JASA KONSTRUKSI PENINGKATAN JALAN ARTERI GAJAH MADA TAHAP 1 DI LINGKUNGAN KERJA BP BATAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111418094 - Gita Eka Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kontrak Kerja Konstruksi adalah kesepakatan penuh yang mengatur tentang hubungan hukum antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan jasa konstruksi. Badan Pengusahaan Batam dan PT. Bina Riau Sejahtera melakukan kontrak konstruksi ini untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan dan mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan masyarakat. Kesepakatan kedua belah pihak dituangkan dalam surat perjanjian (kontrak) Nomor: 5127 CBC 001 052 A/230/SPJ/PPK-PNPB. Pada faktanya, kondisi dilapangan terdapat perbedaan dengan apa yang sudah direncanakan dan terdapat dinamika dalam pelaksanaan kontrak sehingga mengalami perubahan volume pekerjaan yang akan mengakibatkan resiko karena tidak sesuai dengan perjanjian diawal. Maka di skripsi ini akan dibahas mengenai (1) pelaksanaan kontrak dan (2) bentuk pengendalian dari (kontrak) Nomor: 5127 CBC 001 052 A/230/SPJ/PPK-PNPB Peningkatan Jalan Arteri Gajah Mada Tahap 1. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data dengan analisis deskriptif. Pelaksanaan pengadaan Peningkatan Jalan Arteri Gajah Mada Tahap 1 terdiri dari dua tahapan, prakontraktual dan kontraktual, pada tahap prakontraktual terbagi lagi mulai dari perencanaan, persiapan, pemilihan penyedia jasa. Pada tahap kontraktual kontrak merupakan ejawantah atau refleksi dari pengembangan pemenuhan hak-hak dan kewajiban yang termasuk dalam kontrak, yang terdiri dari kontrak itu sendiri SSKK dan SSUK telah sesuai dengan ketentuan hukum pengadaan barang jasa Perpres No.16 Tahun 2018. Dalam pelaksanaan kontrak terdapat kendala dikarenakan ada nya perbedaan kondisi di lapangan sehingga ada perubahan volume pekerjaan, oleh karena itu mengendalikan kontrak agar memenuhi prestasi nya dilakukan Monitoring dan evaluasi oleh pihak konsultan pengawas, Contract Change Order/ Adendum Kontrak yang ditetapkan ditanggal 14 Desember 2021 dan Jaminan Pemeliharaan. Saran yang bisa diajukan dalam penelitian ini adalah kepatuhan terhadap kontrak, dan pemantapan optimalisasi perencanaan dalam drafting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adendum Kontrak, Jasa Konstruksi, Kontrak,Pengadaan.
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:01
Last Modified: 24 Jan 2023 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55487

Actions (login required)

View Item View Item