PENGARUH TEMAN SEBAYA , MOTIVASI BELAJAR, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMADIRIAN BELAJAR MAHASISWA DENGAN ONLINE LEARNING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Laras Aliffiana Sari, 7101418053 (2022) PENGARUH TEMAN SEBAYA , MOTIVASI BELAJAR, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP KEMADIRIAN BELAJAR MAHASISWA DENGAN ONLINE LEARNING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418053 - Komayah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah instansi yang penting untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Di zaman sekarang ini semua orang harus mempunyai skill , harus kreatif dan inovatif juga untuk bersaing dalam dunia kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara teman sebaya, motivasi belajar, dan strategi pembelajaran terhadap kemandirian belajar mahasiswa dengan online learning sebagai variabel mediasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 339 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian ini yaitu sebesar 183 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan di analisis menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil perhitungan persamaan regresi model I adalah Y = 9,090 + 0,278 X1 + 0,436 X2 + 0,246 X3 + 0,234 Z + 0,614 dan hasil dari persamaan regresi model II adalah Y = 25,954 + 0,255X1 + 0,031 X2 + 0,595 X3 + 0,608. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teman sebaya, motivasi belajar, dan strategi pembelajaran berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Selanjutnya teman sebaya dan strategi pembelajaran berpengaruh langsung secara signifikan terhadap online learning, dan motivasi belajar tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap online learning. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan teman sebaya dan motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar melalui online learning, sedangkan strategi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar melalui online learning. Simpulan dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang dapat ditingkatkan dengan meningkatkan hubungan dengan teman sebaya, motivasi belajar yang baik dan strategi pembelajaran yang dimiliki mahasiswa. Saran yang diberikan yaitu : (1) Mahasiswa disarankan untuk mampu mempertahankan atau dapat meningkatkan motivasi belajar yang telah dimilikinya dengan mengikuti kegiatan pembelajaran sebaik mungkin. (2) Bagi mahasiswa disarankan saat pembelajaran online untuk lebih disiplin dalam memanfaatkan waktu. (3) Untuk meningkatkan semangat belajar mahasiswa saat pembelajaran online maka disarankan mahasiswa memiliki strategi belajar yang sesuai, hal ini maka akan berdampak pada adanya kemandirian belajar pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, Motivasi Belajar,Strategi Pembelajaran, Kemandirian Belajar,Online Leraning.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:58
Last Modified: 24 Jan 2023 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55484

Actions (login required)

View Item View Item