PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS, DAN KEMANDIRIAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018


Fitriawati, 7101418051 (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS, DAN KEMANDIRIAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418051 - Fitriawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berwirausaha sangat penting demi kemajuan perekonomian Indonesia, karena dengan berwirausaha dapat mengurangi tingkat pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terdapat kesenjangan antara Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES terhadap perluasan lowongan pekerjaan. Hal ini dilihat dari banyaknya mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Angkatan 2018 yang belum memiliki usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apakah terdapat pengaruh antara efikasi diri, lingkungan keluarga, kreativitas, dan kemandirian terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Ekonomi Fakultas Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 183 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) secara tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y = 26,124 + 0,299X1 + 0,123X2 + 0,183X3 + 0,368X4 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara variabel efikasi diri, lingkungan keluarga, kreativitas, dan kemandirian terhadap minat berwirausaha sebesar 41%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap minat berwirausaha yaitu variabel variabel kemandirian dengan pengaruh sebesar 5.42%, variabel efikasi diri sebesar 4.41%, variabel lingkungan keluarga sebesar 2.85%, dan variabel kreativitas sebesar 1.69%. Simpulan dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 dapat ditingkatkan dengan meningkatkan efikasi diri, lingkungan keluarga, kreativitas, dan kemandirian. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Pihak kampus dapat mengadakan seminar kewirausahaan (2) Orang tua mahasiswa dapat memberikan modal atau mengajarkan nilai-nilai kewirausahaan kepada mahasiswa, (3) Mahasiswa dapat mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti cara melakukan promosi yang baik dan benar, (4) Pihak kampus dapat memberikan program pengembangan seperti Program Belajar Bekerja Terpadu untuk mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Kreativitas, Kemandirian, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:55
Last Modified: 24 Jan 2023 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55482

Actions (login required)

View Item View Item