KESIAPAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENYONGSONG PENDIDIKAN PAUD DI ERA SOCIETY 5.0 ( Survei pada Guru TK di Jawa Tengah )


Anisa Utamiyanti Tri Rumpoko, 1601418069 (2022) KESIAPAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENYONGSONG PENDIDIKAN PAUD DI ERA SOCIETY 5.0 ( Survei pada Guru TK di Jawa Tengah ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601418069 - Anisa Utamiyanti Tri Rumpoko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan kompetensi guru perlu untuk dimiliki oleh guru dan kompetensi ini disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai profil kesiapan kompetensi guru PAUD di Jawa Tengah dalam menyongsong Pendidikan Anak Usia Dini di era society 5.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Survei dilakukan pada guru TK di wilayah Jawa Tengah dengan wilayah Kabupaten Pati, Kabupaten Klaten, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Boyolali. Total Guru TK di Jawa Tengah sebanyak 32.132 orang guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 270 guru TK. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online (google form). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis K-Means Cluster. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profil kesiapan kompetensi guru PAUD di Jawa Tengah yaitu mayoritas guru TK termasuk dalam klaster dengan kesiapan kompetensi yang sedang. Kesiapan kompetensi ini berupa kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial yang disesuaikan dengan konsep society 5.0. Wilayah yang termasuk dalam klaster dengan kesiapan kompetensi tinggi yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Klaten. Guru PAUD di Jawa Tengah yang berpendidikan S2 memiliki kesiapan kompetensi yang tinggi. Guru dengan pengalaman kerja selama 16-20 tahun termasuk dalam klaster dengan kesiapan kompetensi tinggi. Serta generasi kelahiran yang termasuk dalam klaster dengan kesiapan kompetensi tinggi yaitu generasi X dan generasi Y. Hal ini menunjukan bahwa guru PAUD di wilayah Jawa Tengah mulai siap dalam memiliki kompetensi guru PAUD dalam menyongsong Pendidikan Anak Usia Dini di era society 5.0. Guna meningkatkan kesiapan kompetensi guru ini, peneliti menyarankan untuk memberikan pelatihan, dukungan, dan motivasi terhadap guru PAUD untuk meningkatkan kesiapan kompetensi yang dimilikinya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Society 5.0
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:51
Last Modified: 24 Jan 2023 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55478

Actions (login required)

View Item View Item