ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKUATIK DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK MUTIARA HATI WONOTUNGGAL


ANNISA PUTRI HADIYANA, 1601418032 (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKUATIK DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK MUTIARA HATI WONOTUNGGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601418032 - Annisa Putri Hadiyana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di kelas Kelompok Kecil TK Mutiara Hati Wonotunggal menunjukkan adanya beberapa keterlambatan perkembangan dan tidak sesuai usianya. Berbagai kegiatan dan pembelajaran telah disiapkan oleh sekolah untuk mendukung tumbuh kembang anak. Persiapan dilakukan mulai dari merancang metode pembelajaran yang cocok untuk anak, hingga memiliki infrastruktur dan fasilitas yang memadai. Salah satu fasilitas yang terdapat di TK Mutiara Hati adalah kolam renang di dalam sekolah. Pembelajaran akuatik dengan memanfaatkan kolam renang mulai diterapkan kepada anak dengan tujuan pembelajaran tertentu termasuk untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimanakah implementasi kegiatan pembelajaran akuatik dalam perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di TK Mutiara Hati Wonotunggal Batang. Menganalisis penerapan pembelajaran akuatik dan upaya untuk mengoptimalkan penggunaan kolam renang sebagai salah satu media pembelajaran akuatik dalam perkembangan kemampuan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di TK Mutiara Hati Wonotunggal Kabupaten Batang Penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis Miles and Huberman ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun kelas Kelompok Kecil yang berjumlah 17 anak. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran akuatik dalam perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran akuatik sudah diterapkan di TK Mutiara Hati Wonotunggal dengan jadwal penerapan setiap satu bulan sekali dan giliran sesuai kelas, namun masih terdapat beberapa kekurangan. Aspek sosial emosional anak usia 3-4 tahun yang terlihat pada saat pembelajaran akuatik antara lain: kerja sama, mampu menunggu giliran, dapat mengekspresikan apa yang anak rasakan dengan baik, dan mampu berbagi mainan. Saran bagi guru adalah guru perlu mengikuti pelatihan khusus untuk berenang agar dapat melatih, membimbing, dan menjaga anak dengan baik saat pembelajaran akuatik dilaksanakan. Selain itu, pelatihan juga dilakukan agar guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran akuatik yang lebih menarik, inovatif, dan terstruktur agar semua anak lebih tertarik dan menikmati pembelajaran tersebut sehingga diharapkan tujuan pembelajaran akan tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran akuatik, sosia emosional anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:44
Last Modified: 24 Jan 2023 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55476

Actions (login required)

View Item View Item