INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK YANG SUKA BERMAIN GAME ONLINE (STUDI KASUS DI TK ANANDA 2 KALONGAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR)


Tsania Fauzul Muna, 1601418012 (2022) INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK YANG SUKA BERMAIN GAME ONLINE (STUDI KASUS DI TK ANANDA 2 KALONGAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601418012 - Tsania Fauzul Muna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gadget pada era globalisasi sangat mudah dijumpai. Pasalnya gadget mudah didapat karena hampir setiap orang memilikinya. Gadget tidak hanya digunakan oleh remaja dan orang dewasa, tetapi juga beredar di kalangan anak-anak, yang ironisnya lagi gadget tidak dianggap barang asing untuk anak-anak yang seharusnya tidak boleh menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak yang suka bermain game online serta upaya penanggulangan yang diberikan oleh guru dan orang tua. Penelitian yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitiannya antara lain anak yang suka bermain game online, guru, orangtua atau saudara. Penelitian akan dilakukan mulai bulan Juni sampai Juli 2022 di TK Ananda 2 Kalongan Kecamatan Ungaran Timur. Penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan hasil antara lain: (1) Interaksi sosial anak yang suka bermain game online di TK Ananda 2 Kalongan bermacam-macam seperti kemampuan interaksi sosial pada AF yang berusia 6 tahun yang sudah dimiliki yaitu dari aspek belajar berbagi dan jujur, sedangkan kemampuan interaksi sosial yang dimiliki LI yang berusia 6 tahun yaitu aspek kooperatif, toleransi, belajar berbagi dan jujur; (2) Upaya penanggulangan yang diberikan guru yaitu memberikan pendampingan terhadap murid seperti diberi pengertian saat menjelaskan suatu materi yang menambahkan pesan tentang resiko atau efek negatif dari bermain game online dan mengajarkan anak-anak bahwa penting untuk berinteraksi dengan orang lain, sedangkan yang diberikan oleh orangtua adalah membatasi penggunaan gadget pada anak, tidak membelikan gadget untuk dirinya sendiri, memberikan kesibukan lain kepada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Upaya Penanggulangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:40
Last Modified: 24 Jan 2023 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55475

Actions (login required)

View Item View Item