PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN TRANSPARANSI KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Perangkat Desa di Kecamatan Gajah dan Kecamatan Bonang)


Aisyah Putri Susanti, 7101418043 (2022) PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN TRANSPARANSI KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Perangkat Desa di Kecamatan Gajah dan Kecamatan Bonang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418043 - Amalia Febri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya anggaran dana desa yang telah diberikan oleh pemerintah, serta adanya kasus yang menyeret oknum kepala desa di Kecamatan Gajah dan Kecamatan Bonang menjadikan pengelolaan dana desa benar-benar harus dikawal, dan diawasi oleh semua lapisan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi aparatur desa, partisipasi masyarakat, dan transparansi keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderating di Kecamatan Gajah dan Kecamatan Bonang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah aparatur desa di Kecamatan Gajah dan Bonang sebanyak 156 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Stratified Random Sampling dengan 112 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa akuntabilitas pengelolaan dana desa, kompetensi aparatur desa, partisipasi masyarakat, transparansi keuangan, dan komitmen organisasi termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dan transparansi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, kompetensi aparatur desa tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Komitmen organisasi mampu memoderasi pengaruh kompetensi aparatur desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa sedangkan, komitmen organisasi tidak mampu memoderasi partisipasi masyarakat, dan transparansi keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan partisipasi masyarakat dan transparansi keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Komitmen organisasi mampu memoderasi pengaruh kompetensi aparatur desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Saran untuk aparatur desa meningkatkan acara pertemuan dengan masyarakat desa agar komunikasi tetap terjaga, melakukan penjabaran kebijakan secara rinci yang dibuat berhubungan dengan pengelolaan dana desa pada saat rapat atau forum desa serta, aparatur desa diharapkan dapat menciptakan suasana harmonis di lingkungan kerja dan diimbangi dengan mengikuti pelatihan sistem keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Kompetensi Aparatur Desa, Partisipasi Masyarakat, Transparansi Keuangan dan Komitmen Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:30
Last Modified: 24 Jan 2023 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55471

Actions (login required)

View Item View Item