LITERASI AWAL BAHASA DAERAH (KEBUMEN) TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA CLAPAR KECAMATAN KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN


Rizqi Inganatul Fauziyah, 1601417068 (2022) LITERASI AWAL BAHASA DAERAH (KEBUMEN) TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA CLAPAR KECAMATAN KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417068 - Rizqi Inganatul Fauziyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa daerah (kebumen) dalam kehidupan sehari-hari sebagai literasi awal anak usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi awal bahasa daerah (Kebumen) terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di Desa Clapar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Untuk mengetahui hal tersebut, maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji t. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 43 anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi yang mana merupakan satusatunya lembaga taman kanak-kanak di desa Clapar, penentuan sampel menggunakan sampling jenuh atau total sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuisioner dan wawancara. Sedangkan untuk pengujian analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji linier sederhana. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bentuk penggunaan bahasa anak usia dini usia 5-6 tahun di desa Clapar ialah menggunakan bahasa jawa. Dilihat dari tabel distribusi frekuensi hasil presentase mencapai 62% yang mana literasi awal Bahasa daerah (Kebumen) terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun termasuk kedalam kategori sedang. Penggunaan bahasa jawa ini sudah diajarkan sejak dini oleh orang tua mereka, yang diterapkan melalui interaksi dan komunikasi sehari-hari. Berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi secara parsial (uji t) didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000, karena nilai sig 0,000 < 0,05 atau t tabel (1,68) ≤ t hitung (8,383). Hal ini berarti variabel literasi awal bahasa daerah (Kebumen) (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun (Y). Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi awal bahasa daerah (Kebumen) berpengaruh positif terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak usia 5-6 tahun di desa Clapar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi awal bahasa daerah, kemampuan berbahasa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:27
Last Modified: 24 Jan 2023 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55469

Actions (login required)

View Item View Item