PENGARUH PERSEPSI PERENCANAAN KARIR, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN UNNES


Indra Rukmana, 7101418037 (2022) PENGARUH PERSEPSI PERENCANAAN KARIR, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PPG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418037 - Indra Rukmana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan suatu keinginan atau ketertarikan dari dalam diri seseorang terhadap suatu hal. Minat timbul karena adanya ketertarikan terhadap suatu hal yang akan menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi dalam diri seseorang untuk mencapai hal tersebut. Berdasarkan data hasil observasi awal mengenai minat mengikuti PPG pada mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran Universitas Negeri Semarang diketahui permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi perencanaan karir, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti PPG pada mahasiwa pendidikan ekonomi administrasi perkantoran universitas negeri semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi administrasi perkantoran angkatan tahun 2018, 2019 dan 2020 yang jumlah total 345 orang. Penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling untuk memperoleh sampel yang representatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan persepsi perencanaan karir, efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG sebesar 53,6%. Secara parsial pengaruh perencanaan karir terhadap minat mengikuti PPG sebesar 16,81% dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Pengaruh efikasi diri terhadap minat mengikuti PPG sebesar 15,52% dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti PPG sebesar 11,35% dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi perencanaan karir, efikasi diri dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG pada mahasiswa pendidikan ekonomi administrasi perkantoran universitas negeri semarang. Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan perencanaan karir terhadap minat mengikuti PPG, terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat mengikuti PPG, terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti PPG Saran dari penelitian ini adalah untuk peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi minat mengikuti PPG mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Perencanaan Karir, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Mengikuti PPG.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:27
Last Modified: 24 Jan 2023 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55468

Actions (login required)

View Item View Item