PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Anisatul Mujayanti, Anisatul Mujayanti (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418034 - Anisatul Mujayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan menjadi guru sangat diperlukan bagi mahasiswa calon guru untuk menghadapi dunia mengajar setelah lulus nanti. Mahasiswa calon guru dapat dikatakan sebagai lulusan yang baik apabila sudah mempunyai kesiapan yang matang untuk membagikan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didiknya kelak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel sebanyak 139 mahasiswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pemilihan sampelnya adalah mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang yang sudah mengikuti kegiatan PLP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur dengan menggunakan SEM-PLS 3.3.9. Hasil deskriptif penelitian dengan menggunakan model penelitian secara bersama-sama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru. Terdapat pengaruh antara PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Tidak terdapat pengaruh antara efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru. Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap efikasi diri. Terdapat pengaruh antara PLP terhadap efikasi diri. Tidak terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri. Tidak terdapat pengaruh antara PLP terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di era pandemi ini efikasi diri kurang memiliki peran penting untuk memediasi lingkungan keluarga dan PLP. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2018 diharapkan dapat meningkatkan salah satu indikator lingkungan keluarga yaitu idealisasi keluarga (family idealization) dengan cara selalu mendengarkan masukan dan dorongan semangat dari lingkungan keluarga. Mahasiswa juga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan cara menyusun media pembelajaran yang menarik kemudian berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menarik semangat peserta didik. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang belum ada dalam penelitian yaitu persepsi Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diduga dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kesiapan menjadi guru mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Efikasi Diri, Kesiapan Menjadi Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:24
Last Modified: 24 Jan 2023 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55466

Actions (login required)

View Item View Item