PENINGKATAN PENGENALAN KEBERAGAMAN BAHASA DAERAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK/RA KECAMATAN GUNUNGPATI DENGAN APLIKASI SINAU BAHASA


Aulia Rahma Wiradanti, 1601417067 H (2022) PENINGKATAN PENGENALAN KEBERAGAMAN BAHASA DAERAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK/RA KECAMATAN GUNUNGPATI DENGAN APLIKASI SINAU BAHASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417067 - Aulia Rahma Wiradanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengenalan keberagaman bahasa daerah anak usia dini di TK/RA Kecamatan Gunungpati setelah diberikan perlakuan menggunakan aplikasi sinau bahasa. Aplikasi sinau bahasa merupakan media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Animate CC dan digunakan untuk mengenalkan keberagaman bahasa daerah kepada anak usia dini. Aplikasi ini dilengkapi dengan audio, visual, serta video. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah anak kelompok B pada TK/RA di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling sehingga ditemukan sampel yaitu anak kelompok B di RA Al Islam Mangunsari 01 berjumlah 6 anak, RA Roudlotul Huda Sekaran berjumlah 16 anak, dan TK Pertiwi 02 Nongkosawit berjumlah 13 anak dengan total jumlah sampel sebanyak 35 anak. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen pengenalan keberagaman bahasa daerah anak usia dini yang dinilai dengan Skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 22. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t-test diperoleh yaitu nilai rata-rata (mean) sebelum diberikan perlakuan atau pretest sebesar 68,57 sedangkan nilai rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan atau post-test sebesar 117,09. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut terjadi peningkatan nilai rata-rata (mean) pengenalan keberagaman bahasa daerah anak usia dini sebesar 48,52 dan berdasarkan perhitungan persentase peningkatan sebesar 70,75%. Hasil uji paired sample t-test juga diperoleh nilai thitung > ttabel (40,181 > 2,032) dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau P value < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan adanya peningkatan pengenalan keberagaman bahasa daerah anak usia dini yang signifikan setelah diberikan perlakuan dengan aplikasi sinau bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberagaman Bahasa Daerah, Adobe Animate CC, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:24
Last Modified: 24 Jan 2023 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55465

Actions (login required)

View Item View Item