ENGARUH EFIKASI DIRI, KECEMASAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL UJIAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SULANG


Vanesa Nur Affiyeni, 7101418031 (2022) ENGARUH EFIKASI DIRI, KECEMASAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL UJIAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORM MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SULANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418031 - Vanesa Nur Affiyeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hasil ujian merupakan salah satu penentu keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Ujian dapat dilakukan dengan cara dalam jaringan atau menggunakan google form. Hasil ujian online dipengaruhi oleh faktor efikasi diri, kecemasan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar. Faktor-faktor tersebut berasal dari dalam diri siswa maupun dari luar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh efikasi diri, kecemasan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap hasil ujian menggunakan google form mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sulang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sulang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 159 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 114. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket penelitian yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis linear berganda dengan bantuan SPSS vs 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil ujian menggunakan google form siswa XI IPS SMA Negeri 1 Sulang dalam kategori cukup, sedangkan efikasi diri, kecemasan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar juga dalam kategori cukup. Secara simultan efikasi diri, kecemasan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil ujian menggunakan google form. Sedangkan secara parsial efikasi diri berpengaruh positif terhadap hasil ujian menggunakan google form, kecemasan berpengaruh negatif terhadap hasil ujian menggunakan google form, lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap hasil ujian menggunakan google form, dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil ujian menggunakan google form. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu efikasi diri, kecemasan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar berpengaruh tehadap hasil ujian menggunakan google form mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sulang. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar siswa meningkatkan kepercayaan diri dengan membaca sumber bacaan materi yang akan diujikan. Keberhasilan suatu ujian juga terpengaruh oleh keluarga sehingga harus terjadi hubungan yang baik anatara anak dan keluarganya. Selain itu, guru harus membuat kegiatan belajar yang kreatif dan menarik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Ujian, Efikasi Diri, Kecemasan, Linkungan Keluarga, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:22
Last Modified: 24 Jan 2023 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55463

Actions (login required)

View Item View Item